Waspada Ladies! 9 Pembalut Merk Ternama ini Mengandung Zat Klorin

Waspada Ladies! 9 Pembalut Merk Ternama ini Mengandung Zat Klorin
Berbagai merk pembalut yang dijual di pasaran dijadikan sample YLKI. Hasilnya terbukti mengandung zat klorin. Foto: Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menemukan adanya pemakaian zat berbahaya, yakni klorin atau pemutih di sebagian besar pembalut dan pantyliner yang dijual di pasaran.

Penelitian tersebut dilakukan pada rentang waktu Desember 2014-Januari 2015, dengan menggunakan sample pembalut dan pantyliner yang kerap digunakan konsumen wanita, yakni 9 pembalut dan 7 pantyliner merk ternama.

"Metode yang digunakan secara spektrofotometri di lab TUV NORD Indonesia yang sudah terakreditasi," ujar Peneliti YLKI Arum Dinta saat menggelar jumpa pers di Kantor YLKI, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (7/6).

Hasilnya cukup mencengangkan. Dari seluruh sample merk pembalut dan pantyliner yang diujicobakan, seluruhnya tidak ada yang dinyatakan terbebas dari zat klorin. Sembilan merk pembalut tersebut yakni, Charm, Nina Anion, My Lady, VClass Ultra, Kotex, Hers Protex, Softex, Laurier dan Spftness.  

"Klorin bersifat racun dan bisa menyebabkan iritasi. Klorin biasanya digunakan sebagai pemutih pada produksi kertas, pakaian dan sejenisnya. Zat klorin ini sangat berbahaya jika terus menerus bersinggungan langsung dengan tubuh manusia, terutama sistem reproduksi wanita," tandas Arum. (chi/jpnn)


JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menemukan adanya pemakaian zat berbahaya, yakni klorin atau pemutih di sebagian besar pembalut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News