Pesan Jokowi: Entikong Jangan Sampai Lebih Jelek dari Tetangga

Pesan Jokowi: Entikong Jangan Sampai Lebih Jelek dari Tetangga
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk menyelesaikan pembenahan dan pembangunan di Entikong, Kalimantan Barat. Kata Basuki, Presiden Joko Widodo meminta kementeriannya untuk membuat perbandingan pembangunan di kawasan perbatasan negara tetangga dengan Entikong.

"Harus lebih baik dari tetangga (Malaysia). Saya diminta bandingkan, jangan sampai bangun baru tapi lebih jelek. Jadi perintahnya, harus lebih baik," tegas pria asal Surakarta tersebut dalam jumpa pers di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/7).

Basuki memaparkan, ada beberapa infrastruktur yang akan diperbaiki Kementerian PU di Entikong. Di antaranya, jalan menuju pintu maupun sejajar perbatasan. Juga disediakan fasilitas imigrasi, jalan menuju pintu menuju karatina dan perbaikan snaitasi. 

"2015 dimulai multiyears sampai 2016. Bapak gubernur (Gubernur Kalbar, Cornelis) juga sudah melakukan sosialisasi, penentuan lokasinya. Hambatan sosial sudah diatasi gubernur dan bupati di daerah perbatasan tersebut," imbuh Basuki.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, kementeriannya akan membangun terminal angkutan barang internasional di Entikong. Ini, ujarnya, sesuai masterplan yang dibuat Mendagri Tjaho Kumolo.

"Kalau lokasinya ditentukan, kira-kira lokasi yang bisa tahan apa bila perdagangannya meningkat. Harus lokasi yang bisa tahan 10-20 tahun ke depan," tandas Jonan. (flo/jpnn)


JAKARTA - Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk menyelesaikan pembenahan dan pembangunan di Entikong,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News