Pidato 16 Agustus Bukan Ajang Pertanggungjawaban

Pidato 16 Agustus Bukan Ajang Pertanggungjawaban
dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Badan Sosialisasi MPR Achmad Basarah mengatakan, pidato pimpinan lembaga-lembaga negara yang akan digelar pada 16 Agustus mendatang bukan sebagai forum pertanggungjawaban jabatan di depan MPR.

"MPR hanya memfasilitasi pimpinan lembaga-lembaga negara untuk menyampaikan kinerjanya kepada publik. Setelah itu, rakyat yang akan menilai," kata Achmad Basarah di Gedung Nusantara IV kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (7/7).

Dia menambahkan, setiap 16 Agustus hanya presiden yang menyampaikan pidato kenegaraan di hadapan MPR. Sementara, pimpinan lembaga-lembaga negara lainnya tidak pernah menyampaikan laporan kinerjanya ke publik.

"Tidak fair kalau hanya presiden yang menyampaikan laporan kinerja. MPR, DPR, DPD, BPK dan Mahkamah Konstitusi juga harus melaporkan kinerja satu tahunnya kepada rakyat," tegas politikus PDI Perjuangan ini.

Karena itu, anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur V mengimbau semua pimpinan lembaga negara bisa memanfaatkan forum ini secara baik. "Jangan membangun opini seolah-olah MPR meminta pertanggungjawaban lembaga-lembaga negara," pungkas anggota Komisi I DPR RI ini. (fas/jpnn)

 

 

JAKARTA - Ketua Badan Sosialisasi MPR Achmad Basarah mengatakan, pidato pimpinan lembaga-lembaga negara yang akan digelar pada 16 Agustus mendatang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News