Iran Bantah Ada Kepentingan Militer

Terkait Peluncuran Satelit Domestik Pertama

Iran Bantah Ada Kepentingan Militer
Iran Bantah Ada Kepentingan Militer
TEHERAN - Iran membantah keras bahwa satelit produksinya yang diluncurkan Senin lalu (2/2) diembel-embeli kepentingan militer. Negeri tetangga Iraq itu menegaskan, satelit yang diberi nama Omid alias Harapan tersebut murni hasil pencapaian di bidang teknik dan ilmu pengetahuan.

''Tak ada agenda tersembunyi terkait dengan kepentingan militer pada peluncuran satelit ini. Kami sangat menghormati aturan internasional agar tak mengotori ruang angkasa dengan kepentingan militer,'' tegas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Hassan Ghashghavi seperti dikutip Agence France-Presse.

Penegasan itu disampaikan untuk menepis kecurigaan Barat yang selama ini sudah berang terhadap program nuklir Iran. Barat khawatir teknologi untuk meluncurkan satelit akan diberdayakan oleh Iran sebagai peluncur rudal nuklir.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad tak ambil pusing atas kecurigaan rival-rivalnya itu. Dengan lantang dia menyebutkan bahwa satelit Omid adalah bukti kesiapan Iran untuk mendobrak dominasi Barat dalam dunia ilmu pengetahuan.

TEHERAN - Iran membantah keras bahwa satelit produksinya yang diluncurkan Senin lalu (2/2) diembel-embeli kepentingan militer. Negeri tetangga Iraq

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News