Dua Kapal Disiapkan Angkut Ribuan Pemudik ke Pulau Enggano

Dua Kapal Disiapkan Angkut Ribuan Pemudik ke Pulau Enggano
Dua Kapal Disiapkan Angkut Ribuan Pemudik ke Pulau Enggano

jpnn.com - BENGKULU – Dua kapal disiapkan untuk mengangkut ribuan pemudik dari dan menuju Pulau Enggano, Bengkulu. Kedua kapal tersebut adalah kapal feri Pulo Tello dan kapal perintis Sabuk Nusantara.

“Dua kapal ini siap melayani pemudik dari kota Bengkulu dengan tujuan Pulau Enggano atau sebaliknya. Kedua kapal ini akan menyeberangkan para pemudik dari dan menuju Pulau Enggano selama musim lebaran kali ini,” ungkap Kepala Bidang Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Dishubkominfo Provinsi Bengkulu Ir. Bambang Budi Djatmiko.

Budi menjelaskan, kapal feri Pulo Tello khusus mengangkut penumpang dan kendaraan dengan kapasitas 264 orang dan 22 unit kendaraan per trip. Sedangkan kapal perintis Sabuk Nusantara mampu mengangkut sebanyak 285 orang penumpang dan 400 ton barang.

Dengan jadwal masing-masing kapal empat trip pada H-7 hingga H+7 maka mampu mengangkut sebanyak 1.911 orang penumpang, 88 unit kendaraan dan 1.600 ton barang. Ditambahkannya, menjelang Lebaran warga masyarakat yang bermukim di pulau yang berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu itu masih bisa berbelanja berbagai kebutuhan pokok di Bengkulu.

Pemberangkatan kapal dari Pulau Enggano pada H-6 atau 11 Juli 2015 dan tiba di Kota Bengkulu pada 12 Juli. Selanjutnya kembali ke Pulau Enggano pada 13 Juli dan kembali ke Kota Bengkulu pada 14 Juli.

“Setelah kapal kembali ke Bengkulu pada 14 Juli maka pelayaran terhenti hingga 21 Juli kembali ke Enggano,” ungkapnya.

Selain itu, kapal perintis Sabuk Nusantara juga akan melayari Bengkulu-Enggano hingga ke wilayah Kepulauan Mentawai dan Sumatera Barat. Budi mengatakan tarif kapal feri tidak mengalami perubahan saat Lebaran sebab angkutan kapal laut tersebut sudah disubsidi pemerintah.

Diketahui tarif angkutan untuk orang dewasa dikenakan Rp 59 ribu per orang, biaya angkut kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 100 ribu per unit, dan biaya angkut kendaraan roda empat berkisar Rp 700 ribu per unit.(sly/rakyatbengkulu/jpnn)

BENGKULU – Dua kapal disiapkan untuk mengangkut ribuan pemudik dari dan menuju Pulau Enggano, Bengkulu. Kedua kapal tersebut adalah kapal feri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News