Pelunasan BPIH Tahap Kedua Ditutup, Sisa Kuota Langsung Diisi Cadangan

Pelunasan BPIH Tahap Kedua Ditutup, Sisa Kuota Langsung Diisi Cadangan
Dok. Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Hari ini (13/7) merupakan deadline pelunasan BPIH reguler 2015 tahap kedua. Sisa kuota yang masih ada akan langsung diisi calon jamaah haji (CJH) cadangan. Tidak lagi ada penyisiran CJH baru di daftar antrean.

 

Data dari sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) menunjukkan bahwa kuota pelunasan BPIH tahap kedua tersisa 3.575 kursi lagi. Dengan demikian, di antara total kuota haji reguler 2015 sebanyak 154.049 orang, sudah 150.474 orang yang melunasi pembayaran ongkos haji.

Kasubdit Pendaftaran Haji Kemenag M. Noer Alya Fitra mengimbau seluruh CJH berhak lunas BPIH tahap kedua untuk segera melunasinya. Dengan demikian, seluruh kuota pelunasan BPIH tahap kedua bisa terserap optimal.

Apalagi, nama-nama yang masuk kuota berhak lunas BPIH tahap kedua adalah usulan masing-masing jamaah. Idealnya, seluruh CJH kuota pelunasan BPIH tahap kedua bisa melunasi BPIH.

Sebab, mereka berinisiatif sendiri mengusulkan masuk kuota pelunasan tahap kedua. Misalnya, usul dimajukan karena usia lansia, penggabungan suami/istri, dan penggabungan anak dengan orang tua.

Meski begitu, pejabat yang akrab disapa Nafit itu mengatakan, potensi kuota tidak terserap dari masa pelunasan BPIH tahap kedua masih terbuka. ’’Jika saat ditutup besok (hari ini, Red) ada kuota sisa, otomatis akan diisi CJH cadangan,’’ katanya.

Dengan sistem cadangan itu, Kemenag mengupayakan pengurusan sisa kuota pasca pelunasan tahap kedua tidak sampai memakan waktu banyak. Kemenag tidak lagi menerima usulan-usulan pengisian kuota. Sebab, pengisian kuota sudah ditetapkan sejak awal melalui kelompok CJH cadangan.

JAKARTA – Hari ini (13/7) merupakan deadline pelunasan BPIH reguler 2015 tahap kedua. Sisa kuota yang masih ada akan langsung diisi calon jamaah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News