Hasil Survei IDM, Masyarakat Kalteng Lebih Memilih Ujang Iskandar Dibanding Incumbent

Hasil Survei IDM, Masyarakat Kalteng Lebih Memilih Ujang Iskandar Dibanding Incumbent
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Hiruk pikuk calon gubernur di Pilkada Kalimantan Tengah pada Desember mendatang mulai menggaung. IDM menyebut hanya ada tiga calon yang mendapat respons signifikan dari masyarakat. Masing-masing H Ujang Iskandar, Wakil Gubernur Incumbent Achmad Diran dan Wali Kota Palangkaraya, Riban Satia. 

Dalam survei yang dilakukan oleh Indonesia Development Monitoring (IDM) dengan simulasi tiga nama tersebut dapat dilihat elektabilitas H Ujang Iskandar sebesar 29 persen, diikuti Achmad Diran sebesar 21 persen dan Riban Satia sebesar 11 persen. Sedangkan calon lainnya tingkat penerimaannya hanya di bawah 10 persen.

Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM) Fahmi Hafel menyebut jika pemilihan Gubernur Kalteng dilakukan hari ini, maka  32,4 persen masyarakat akan memilih Ujang Iskandar disusul Achmad Diran  22,2 persen, dan Riban Satia 8,2 persen. 

Kemudian menyusul Willy Yowseph 7,7 persen, Darwan Ali mantan Bupati Seruyan  5,6 persen, Achmad Amur 4,4 persen, Asdi Narang yang merupakan kerabat gubenur Teras Natang  4,1 persen, Hamdani 3,7 persen, Abdul Razak 3,6 persen, dan yang belum menentukan pilihan sebanyak 8,1 persen.

"Jika Achmad Diran tidak ingin maju membuat peluang Ujang Iskandar sangat potensial untuk menang dalam pilkada Kalimantan Tengah pada 9 Desember nanti, hanya Riban Satia Wakikota Palangkraya, Willy Yoseph mantan Bupati Murung Raya yang bisa menjadi pesaing Ujang Iskandar," ujar Fahmi Hafel dalam siaran pers yang diterima wartawan, Senin (13/7).

Lanjut Fahmi dari hasil survei yang dilakukan lembaganya tergambar bahwa Ujang Iskandar dianggap mampu untuk memimpin Kalimantan Tengah dan lebih diterima oleh masyarakat untuk menempati posisi Kalteng-1 daripada incumbent Achmad Diran.

Dipaparkan Fahmi, Diran memiliki hubungan yang kuat dengan kepemimpinan Teras Narang selama 10 tahun. Masyarakat Kalteng menganggap selama Agustin Teras Narang memimpin tidak banyak memberikan perubahan terhadap kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu pembangunan yang biasa-biasa saja dan kalah jauh dibandingkan dengan provinsi lain yang ada di Pulau Kalimantan.

JAKARTA - Hiruk pikuk calon gubernur di Pilkada Kalimantan Tengah pada Desember mendatang mulai menggaung. IDM menyebut hanya ada tiga calon yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News