Gunung Gamalama Meletus, Bandara Sultan Babullah Ditutup

Gunung Gamalama Meletus, Bandara Sultan Babullah Ditutup
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara meletus pada Kamis (16/7) pukul 09.50 waktu setempat. ‎Hal ini menyebabkan, Bandara Sultan Babullah ditutup.

"Penutupan‎ Bandara Sultan Babullah dilakukan karena antara Gunung Gamalama dengan bandara tidak terlalu jauh," kata Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan JA Barata di Bandara Kualanamu saat teleconference dengan Pusat Koordinasi Monitoring Lebaran Kemenhub di kantor Kemenhub, Jakarta  Kamis (16/7). 

Barata menyatakan, letusan Gunung Gamalama menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.700 meter. Hal itu berpotensi mengganggu penerbangan di Bandara Sultan Babullah. Karena itu, untuk sementara bandara ditutup dan penerbangan dibatalkan.

Meski demikian, Barata belum bisa memastikan sampai kapan bandara akan ditutup. Dalam jangka waktu satu‎ hingga dua jam, pihak bandara akan memeriksa kondisi abu vulkanik di sekitar bandara.

Barata juga belum bisa memastikan jumlah penerbangan yang dibatalkan. Ia sedang menunggu mengenai informasi terbaru mengenai penutupan bandara.

"Jadi memang ada penutupan tapi itu semua karena alasan keselamatan penumpang," tandas Barata. ‎(gil/jpnn)‎


JAKARTA - Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara meletus pada Kamis (16/7) pukul 09.50 waktu setempat. ‎Hal ini menyebabkan, Bandara Sultan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News