Jokowi Datang Saat Aceh Banjir

Jokowi Datang Saat Aceh Banjir
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Kedatangan Presiden Joko Widodo untuk merayakan Idul Fitri di Aceh bisa jadi membawa semangat baru untuk sebagian warga di provinsi yang dikenal dengan nama Serambi Mekkah tersebut. 

Pasalnya, di sebagian wilayah tersebut, saat ini sedang dilanda banjir. Bencana banjir ini terjadi di 15 kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya sejak Selasa lalu.

"Banjir menyebabkan 7.904 rumah terendam banjir dan berdampak langsung pada 25.765 jiwa yang terendam banjir," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan pers, Kamis (16/7).

Menurut Sutopo, hujan deras yang turun sejak Selasa siang di wilayah Aceh Jaya menyebabkan sungai-sungai meluap bersamaan. 

Sedimentasi sungai dan degradasi lingkungan menyebabkan Aceh Jaya rentan dari banjir. Tercatat ada 9 kecamatan yang terendam banjir setinggi 50-300 cm. 

Di antaranya  Kecamatan Setia Bakti, Pasie Raya, Teunom, Panga, Krueng Sabee, Darul Hikmah, Sampoiniet, Indra Jaya, dan Jaya. 

Akibatnya,  Sebanyak  7.182 KK (23.687 jiwa) terdampak langsung dan 2.284 jiwa mengungsi. Tidak hanya itu, sebanyak 8 unit rumah, beberapa ruas jalan dan jembatan rusak. 

"Belum ada laporan korban jiwa," imbuh Sutopo.

JAKARTA - Kedatangan Presiden Joko Widodo untuk merayakan Idul Fitri di Aceh bisa jadi membawa semangat baru untuk sebagian warga di provinsi yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News