Menkominfo: Network Control di Indosat Sudah Bagus

Menkominfo: Network Control di Indosat Sudah Bagus
MENKOMINFO TINJAU iNOC INDOSAT - Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat (paling kanan) bersama dengan John Martin Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat (paling kiri) dan Joy Wahjudi, Director & Chief Sales and Distribution Officer Indosat (dua dari kanan) saat mendampingi Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informtika RI (dua dari kiri) saat meninjau kesiapan Indosat Network Operation Center (i-NOC) dan Command Center Indosat di Jakarta (16/7). Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara mengapresiasi fasilitas baru  Indosat Network Operation Center (i-NOC) yang merupakan wujud dari kesiapan jaringan Indosat, terutama dari sisi pengendalian jaringan untuk mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2015 berlangsung dengan lancar dan nyaman.

"Harus seperti ini, network control di Indosat sudah bagus. Belum semua operator punya fokus pada network control ini. Indosat getting better-lah," ujar Rudiantara usai berkeliling dan memantau semua fasilitas i-NOC di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Rudiantara sengaja melakukan pemantauan kesiapan operator telekomunikasi nasional dalam menghadapi Idul Fitri 1436 H.  Maklum, momen hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, menuntut kinerja extra operator, khususnya dalam menyediakan pelayanan prima bagi pelanggan.

Saat itu, tepat di lantai 6 kantor pusat Indosat, Menkominfo langsung diajak berkeliling oleh Presdir & CEO Indosat, Alexander Rusli.  Ada beberapa ruangan yang penuh dengan perangkat untuk memonitor jaringan telekomunikasi. Semuanya terintegrasikan dengan sistem i-NOC atau Indosat Network Operation Center.

Menteri yang akrab dengan panggilan Chief RA ini juga sempat berkomunikasi dengan staff Indosat di daerah. Ada layar di command room untuk berkomunikasi dengan daerah seperti Denpasar, Bandung dan Surabaya. Rata-rata mengatakan kesibukan data melonjak dan segera bisa ditangani jika ada masalah.

Manajemen masalah bisa dengan cepat ditangani karena ada control room super canggih di sebelah command room. Layar seukuran mobil membentang di tengah ruangan, menunjukkan kondisi real-time jaringan Indosat di seluruh Indonesia. Jika ada masalah, tim i-NOC langsung bisa memecahkan dengan mudah karena semuanya langsung dipantau.

"Kalau dilihat dari i-NOC, kelihatan lebih bagus dari tahun lalu. Meningkat data trafficnya 200 persen," imbuhnya.

Presdir & CEO Indosat, Alexander Rusli, mengaku sudah menyusun pembentukan i-NOC sejak tiga bulan lalu. Dalam kurun waktu itu, Indosat sudah melakukan test drive atau percobaan jaringan. Khususnya di jalur Cipali yang kini sedang dipadati pemudik, hasilnya ada penambahan kapasitas jaringan bagi semua pelanggan Indosat.

JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara mengapresiasi fasilitas baru  Indosat Network Operation Center (i-NOC) yang merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News