Erupsi Gunung Raung, Ribuan Penumpang Gagal Lebaran di Kampung Halaman

Erupsi Gunung Raung, Ribuan Penumpang Gagal Lebaran di Kampung Halaman
Erupsi Gunung Raung, Ribuan Penumpang Gagal Lebaran di Kampung Halaman

jpnn.com - BALIKPAPAN - Erupsi Gunung Raung di Jawa Timur membuat Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, ditutup sejak Kamis (15/7) lalu. Sejumlah penerbangan Bandara Internasional Sultan AM Sulaiman Sepinggan Balikpapan ke Juanda pun sempat terganggu. Ribuan penumpang terpaksa menunggu di bandara.

Sebanyak 2.365 penumpang dari maskapai Sriwijaya, Garuda, Citilink, dan Lion Air, batal terbang ke Surabaya pada H-1 Idulfitri lalu. Namun, khusus penumpang Lion Air, penerbangan mereka dialihkan ke Bandara Adi Sumarmi, Solo, serta ke Jogjakarta, Jumat (17/7). 

General Manager Angkasa Pura I Bandara Sepinggan Balikpapan, Wendo Asrul Rose, menjelaskan hal tersebut. "Empat pesawat Lion Air yang parkir di Bandara Sepinggan. Setelah kru disiapkan, pesawat terbang ke Solo. Manajemen Lion Air meminta hal tersebut karena melihat para penumpang yang ingin Lebaran di kampung halaman," ucapnya.

Awalnya, hingga Jumat dini hari, para penumpang tidak diberi kepastian oleh Lion Air. Ribuan orang pun memenuhi tempat check in. Mereka meminta kepastian dari Lion Air. Sejumlah aparat kepolisian berjaga-jaga di dalam bandara.

Sekitar pukul 01.00 Wita, Lion Air membuka check in. Enam penerbangan Lion Air tujuan Surabaya diatur. Kendati demikian, tak semua penumpang terlayani. Banyak penumpang yang terlanjur pengembalian uang tiket atau refund.  

Seorang penumpang Lion Air, Yoyo, menerima pengalihan penerbangan karena situasi disebabkan faktor alam. Setelah sampai di Solo, dia melanjutkan perjalanan ke Malang menggunakan bus atau kereta. "Lion Air hanya mengalihkan penerbangan ke Solo, setelah itu mereka tidak membantu apapun," ucapnya.

Gimin, penumpang yang lain, juga demikian. "Kalau minta refund, uang saya tidak kembali full. Akhirnya ikut penerbangan ke Solo saja. Saya berencana singgah ke rumah keluarga di Jogjakarta. Setelah Salat Id, saya ke Surabaya dengan kereta api," paparnya.

Adapun penerbangan Sriwijaya Air, Citilink, dan Garuda Indonesia, yang tertunda sejak Kamis lalu, baru bertolak kemarin siang. Bandara Juanda telah dibuka setelah abu vulkanik Gunung Raung berkurang. 

BALIKPAPAN - Erupsi Gunung Raung di Jawa Timur membuat Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, ditutup sejak Kamis (15/7) lalu. Sejumlah penerbangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News