Petakan Daerah Rawan Kecelakaan

Petakan Daerah Rawan Kecelakaan
Petakan Daerah Rawan Kecelakaan

jpnn.com - SAMARINDA – Guna menjaga kelancaran arus balik, Polresta Samarinda menyiapkan 12 pos pengaman dan dua pos pelayanan (posyan) yang tersebar di sejumlah titik. Untuk posyan, terletak di dua tempat, yakni samping Lamin Etam dan sekitar Jembatan Mahakam.

Sementara pos keamanan ditempatkan di pelabuhan dan dermaga, Bandara Temindung, serta beberapa pusat perbelanjaan.

Ditambah lagi di kawasan Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) dan Simpang Pasir, Palaran. “Pos pelayanan hadir 24 jam, sedangkan pos pengamanan akan berfungsi sesuai dengan situasi dan kondisi lalu lintas,” ucap Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Gatot Yulianto kemarin.

Kata dia, untuk pos pelayanan tak hanya dijaga oleh polisi, tapi ada juga dari Dinas Perhubungan Samarinda, TNI, PMI, hingga montir kendaraan. “Jadi, jika ada kecelakaan, tindak kejahatan, dan kerusakan kendaraan, pos pelayanan bisa membantu,” ujarnya.

Kata dia, jika arus balik kendaraan menuju Samarinda meningkat, maka pos keamanan akan ditingkatkan.

Untuk mal, memang mendapat perhatian lebih. Sebab, konsentrasi massa terjadi di tempat tersebut. Mengenai pos-pos lain, Gatot menyebut, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah Polsekta yang ada di Samarinda.

Sebagai informasi, jumlah kecelakaan memang menurun selama Operasi Ketupat. Pada 2013 terjadi 3.675 kasus sementara pada 2014 ada 3.057 perkara lalu lintas. Angka tersebut menunjukkan penurunan 618 kasus atau 16,81 persen.

Untuk tahun ini, Gatot menjelaskan, Satlantas Polresta Samarinda sudah memetakan daerah rawan kecelakaan, yakni Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan poros Samarinda-Bontang, dan Jalan poros Samarinda-Kutai Kartanegara.

SAMARINDA – Guna menjaga kelancaran arus balik, Polresta Samarinda menyiapkan 12 pos pengaman dan dua pos pelayanan (posyan) yang tersebar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News