Kasihan Banget Bayi Ini Lahir Tanpa Anus, Juga Divonis Mengidap Down Syndrome

Kasihan Banget Bayi Ini Lahir Tanpa Anus, Juga Divonis Mengidap Down Syndrome
Kondisi bayi milik Nedi Junaedi dan Ratua Parulian Sijabat yang lahir tanpa anus kini dirawat di RSAB Batam. f.Dalil Harahap/Batam Pos/JPNN

jpnn.com - SEKUPANG - Seorang bayi lahir tanpa anus di klinik bidan di wilayah Tiban, Sabtu (11/7) sore lalu. Bayi yang diberi nama M. Naufal Afkar itu, merupakan buah hati pasangan Nedi Junaedi dan Ratua Parulian Sijabat.

Seperti dikutip dari Batam Pos (Grup JPNN), Naufal lahir dengan proses normal. Namun ari-ari tertinggal di dalam rahim ibunya. Akibatnya, Ratua pun dirujuk ke Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB-BP Batam) untuk operasi pengeluaran ari-ari, karena telah terjadi pendarahan dan bahkan rahimnya terancam diangkat.

Selain itu, Naufal sendiri selain memiliki kelainan karena tidak memiliki anus, dia juga divonis mengidap down syndrome saat dibawa ke RSOB. Pihak RSOB pun menganjurkan untuk segara dioperasi. Namun, karena tidak memiliki ahli bedah anak, Naufal dirujuklah ke Rumah Sakit Awal Bros (RSAB). 

Naufal pun menjalani operasi Selasa (14/7) siang. Itu merupakan operasi pertama dari tiga tahap operasi yang akan dilakukan. ”Tahapan yang kedua katanya pembuatan anus, sampai ketiga penutupan sama pembuatan lubang dari belakang,” ujar Nedi.

Operasi tahapan selanjutnya dilakukan jika kondisi kesehatan Naufal memungkinkan untuk dioperasi. "Sekarang saja nafasnya masih memakai alat bantu level 3 yang paling berat katanya," ujarnya.

Nedi mengaku meminjam uang dari perusahaan untuk membiayai operasi anaknya itu, tapi tidak tahu bagaimana cara membayarnya kembali. Dia juga mengataka mendapat bantuan dari Ikatan Motor Satria. ”Mereka mencari dana dan akan turun ke jalan,” terangnya.

Nedi menyambut baik bantuan tersebut. Dia mengaku pengobatan Naufal masih panjang dan tidak mampu untuk mengemban semua biaya pengobatannya.(spt/endi/ray)

SEKUPANG - Seorang bayi lahir tanpa anus di klinik bidan di wilayah Tiban, Sabtu (11/7) sore lalu. Bayi yang diberi nama M. Naufal Afkar itu, merupakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News