Blaaarrr! Markas ISIS Digempur Sejak Pagi masih Gelap

Blaaarrr! Markas ISIS Digempur Sejak Pagi masih Gelap
PM Turki Ahmet Davutoglu (tengah) dalam pertemuan membahas masalah keamanan di Ankara, Turki, Kamis (23/7). (Hakan Goktepe/Reuters)

jpnn.com - ISTANBUL –Pemerintah Turki akhirnya ikut berperang melawan militan Islamic State (IS) atau yang lebih dikenal dengan ISIS. Jumat (24/7) jet tempur Turki menggempur markas ISIS di Syria.

Ada tiga pesawat F-16 yang diterjunkan untuk mengebom beberapa titik pangkalan militan ISIS. Tiga pesawat perang tersebut diberangkatkan dari Kota Diyarbakir sejak pagi buta dan menjatuhkan empat guided bomb unit (GBU).

Penggempuran itu terjadi setelah pasukan perbatasan Turki bentrok dengan pasukan ISIS Kamis (23/7) di wilayah Kilis. Masing-masing satu orang tentara Turki dan militan ISIS tewas. Itu adalah kali pertama pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan konflik secara terbuka dengan ISIS.

Baca juga: Mantap... Turki Berhasil Menangkap Ratusan Tersangka Pendukung ISIS

Sebelumnya, pada Senin (20/7), sebuah ledakan di perbatasan merenggut nyawa 32 aktivis. Pelakunya diduga juga anggota ISIS. Kamis petang rapat darurat digelar dan dipimpin secara langsung oleh Perdana Menteri (PM) Ahmet Davotoglu di Ankara sebelum akhirnya diputuskan untuk menyerang esoknya.

’’Operasi dilakukan dengan target area Daesh (ISIS, Red) di dalam perbatasan Syria. Pemerintah Republik Turki akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi keamanan nasional,’’ ujar pihak pemerintah Turki.

Bom dijatuhkan tepat pukul 04.00 waktu setempat dan seluruh pesawat kembali ke pangkalan dengan selamat. Seluruh serangan dilakukan dari wilayah udara Turki di Kilis. Sejauh ini, pemerintah Turki belum merencanakan serangan lanjutan.

Sebelumnya, Istanbul memilih diam dan hanya memberikan dukungan pasif ketika ISIS membesar di Iraq dan Syria sejak kali pertama muncul pada 2013. Beberapa area yang dikuasai ISIS bahkan berbatasan secara langsung dengan Turki. Erdogan kerap dikritik karena terkesan tutup mata terhadap ISIS.

ISTANBUL –Pemerintah Turki akhirnya ikut berperang melawan militan Islamic State (IS) atau yang lebih dikenal dengan ISIS. Jumat (24/7) jet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News