Kekeringan, Warga Minta Sumur Artesis Diperbaiki

Kekeringan, Warga Minta Sumur Artesis Diperbaiki
Kekeringan, Warga Minta Sumur Artesis Diperbaiki

jpnn.com - CIREBON - Kekeringan Blok Cadasngampar, Kopiluhur Kelurahan Argasunya Kota Cirebon. Lebih dari 400 kepala keluarga di sana mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Untuk itu, mereka pun ingin agar sumur artesis di wilayah tersebut diperbaiki kembali oleh pemerintah.

Salah seorang warga Cadasngampar, Taryono mengatakan sumur artesis yang ada di wilayahnya sudah mangkrak selama enam tahun. Sempat berfungsi, namun air sumur artesis itu terasa asing sehingga tidak bisa digunakan. Sehingga, warga pun memilih sumur lain yang kualitas airnya lebih baik.

"Air sumur artesis ini rasanya asin. Bahkan lebih asin dari air garam, sehingga sumur itu rusak karena airnya tidak terpakai," jelasnya.

Di blok Cadasngampar sendiri, terdapat sekitar lima sumur yang memiliki kualitas air bagus. Karena kebutuhan warga cukup tinggi, akhirnya mereka harus rela antre untuk satu jeriken air.

"Kita bukan tidak mau berusaha, karena beberapa kali kita coba membuat sumur, airnya gak ada. Kalaupun ada ya asin. Cuma lima sumur itu yang airnya bagus," ujarnya.

Warga pun, kata dia, sempat mencoba mengusulkan bantuan pengiriman air bersih pada Pemerintah Kota Cirebon. Namun, pengiriman air bersih itu hanya berlangsung hingga musim hujan  tiba.

“Pengirimannya pun hanya seminggu dua kali. Dan itu pun dipakai untuk salat Jumat. Kita inginnya setidaknya sehari bisa satu tangki,” ujarnya.

Sumur artesis di daerah Cadasngampar memang aneh. Pasalnya program sumur artesis di blok lain di Kopiluhur justru menghasilkan air yang bagus. Hal inilah yang membuat warga keheranan. Seharusnya pemerintah ikut hadir dalam menyelesaikan permasalah ini.

CIREBON - Kekeringan Blok Cadasngampar, Kopiluhur Kelurahan Argasunya Kota Cirebon. Lebih dari 400 kepala keluarga di sana mengalami kesulitan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News