Pabrik Gas Meledak, Warga Menderita Gatal-gatal

Pabrik Gas Meledak, Warga Menderita Gatal-gatal
Pabrik Gas Meledak, Warga Menderita Gatal-gatal

jpnn.com - BELAWAN - Ledakan terjadi di pabrik gas PT Aneka Gas Industri (AGI) Jalan Pulau Kalimantan KIM 1 Mabar Kecamatan Medan Deli. Diduga penyebab ledakan dipicu oleh kebocoran pada instalasi mesin blower di industri tersebut. Meski tidak ada korban tewas, namun puluhan warga yang terkena dampak dari limbah gas mengalami gatal-gatal, Sabtu (25/7) kemarin.

Dari amatan sumut pos, delapan armada mobil pemadam kebakaran dari PT KIM maupun Pemko Medan, terlihat silih berganti melakukan penyemprotan air ke arah instalasi blower yang mengalami kebocoran di PT Aneka Gas Industri.

Akibat dari peristiwa itu warga yang bermukim disekitar lokasi pabrik berhamburan keluar dari rumah masing-masing. Bahkan, salah seorang ibu rumah tangga yang merasa ketakutan sempat berlari tanpa mengenakan baju, lantaran saat terjadi ledakan ia sedang mandi dirumahnya.

"Kejadiannya sekira pukul 14.00 WIB, rata-rata warga disini ketakutan atas kejadian ini," ucap, Eko (36) seorang warga setempat.

Sebelum ledakan terjadi, warga sempat mencium bau gas, dan tak lama melihat zat kimia mirip seperti asap berwarna putih keluar dari salah satu cerobong instalasi blower.  

"Nggak lama terjadi getaran, setelah itu terdengar ledakan satu kali dan sempat merasakan goncangan seperti gempa," ungkapnya.

Eko, menuturkan pasca ledakan tersebut serbuk putih diduga limbah gas berterbangan ke udara dan menempel di rumah warga. Bahkan, warga yang terkena limbah gas mengalami gatal-gatal pada bagian kulitnya.

“Setelah terjadi ledakan, serbuk putih banyak berterbangan, hingga membuat permukiman kami seperti ditutupi kabut asap," cetus, Eko.

BELAWAN - Ledakan terjadi di pabrik gas PT Aneka Gas Industri (AGI) Jalan Pulau Kalimantan KIM 1 Mabar Kecamatan Medan Deli. Diduga penyebab ledakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News