Tak Sampai 3 Menit untuk Sikat Motor

Tak Sampai 3 Menit untuk Sikat Motor
Tak Sampai 3 Menit untuk Sikat Motor

jpnn.com - PONTIANAK – Kepolisian mengimbau kepada masyarakat pemilik sepeda motor untuk menggunakan kunci ganda pada kendaraannya. Kapolres Pontianak AKBP Tubagus Ade Hidayat mengatakan kunci gadalah alat yang paling efektif dalam mencegah pencuriaan kendaraan bermotor roda dua. 

Menurut data pihaknya, hampir seluruh sepeda motor yang kecurian selama ini tidak menggunakan kunci ganda. “Kami sudah melakukan evaluasi. Motor yang paling banyak dicuri di Pontianak dan sekitarnya sebanyak 99 persen adalah yang tidak memakai kunci ganda,” ujarnya saat peluncuran kampanye penggunaan kunci ganda di kantor Astra Motor Pontianak, Jalan A Yani, Minggu  (26/7) sore.

Cukup mencengangkan adalah durasi pencurian sepeda motor. Disebutkan dia, berdasarkan evaluasi pihaknya, proses pencurian sepeda motor yang tanpa kunci ganda hanya membutuhkan waktu 2-3 menit saja.

Sementara sepeda motor dengan kunci ganda tidak menjadi incaran pencuri. Pasalnya para pencuri menganggap hal itu terlalu berisiko lantaran butuh waktu yang cukup panjang dan peralatan canggih untuk membongkar kunci ganda.

Tubagus juga mengapreasi produsen sepeda motor yang saat ini sudah menambah perangkat keamanan pada produk dijualnya. Namun paling penting adalah kesadaran dari para pemilik kendaraan bermotor. 

“Semua peralatan canggih kalau tidak ada kepedulian dari pemilik kendaraan maka tidak akan optimal. Polisi hanya menjalankan tindakan dengan pendekatan hukum,” ungkap dia.

Meskipun demikian, kata dia, pencurian kendaraan bermotor sebenarnya tidak terlalu signifikan peningkatannya. Walaupun angkanya terus bertambah dari tahun ke tahun. Namun secara rasio, dalam beberapa tahun terakhir rasional jumlah kendaraan yang kecuriaan dengan total kendaraan yang ada adalah satu banding seribu. (ars)

PONTIANAK – Kepolisian mengimbau kepada masyarakat pemilik sepeda motor untuk menggunakan kunci ganda pada kendaraannya. Kapolres Pontianak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News