Pemerintah Harus Konsisten soal Pengembangan BBN

Pemerintah Harus Konsisten soal Pengembangan BBN
Pemerintah Harus Konsisten soal Pengembangan BBN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika mengingatkan pemerintah agar benar-benar serius dalam berupaya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM) fosil melalui peningkatan pemanfaatan bahan bakar nabati (BBN). Menurutnya, pemerintah harus memiliki roadmap yang jelas untuk mendukung rencana Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit mengembangkan BBN.

Kardaya mengatakan, roadmap pengembangan BBN itu penting untuk menjadi pedoman bagi semua pihak dalam menjalankan pengembangan energi selain BBM. Ia mengatakan, hal yang harus ditegaskan dalam roadmap itu adalah kesamaan visi antara pemerintah dengan para pemangku kepentingan, termasuk BPBD Sawit.

“Dalam Roadmap itu harus dijelaskan mengenai kesamaan pendangan antara pemerintah dengan stakeholder, antara Pertamina dengan BPBD Sawit. Jadi sangat jelas siapa melakukan apa,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/7).

Mantan Direktur Jenderal  Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM itu menambahkan, pemerintah juga harus mencari terobosan demi mendongkrak peningkatan BBN. Salah satunya dengan menggaet investor untuk beinvestasi di bidang bioenergy di tanah air.

Pemerintah Harus Konsisten soal Pengembangan BBN

Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika. Foto: dokumen JPNN.Com

Politikus Gerindra itu menjelaskan, Indonesia memiliki banyak potensi bioenergy yang bisa dikembangkan. Selain sawit, katanya, ada aren yang bisa menghasilkan etanol. “Indonesia mempunyai produksi yang sangat besar baik dari sawit atau dari aren,” tambahnya.

Namun demikian ia juga mengingatkan agar pemerintah konsisten dalam membuat kebijakan tentang bioenergy maupun penerapannya. Menurutnya, konsistensi penting untuk keberhasilan pengembangan BBN.  “Jangan sampai kebijakan yang baru dijalankan ini di tengah-tengahnya berubah,” ujarnya.

JAKARTA - Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika mengingatkan pemerintah agar benar-benar serius dalam berupaya mengurangi ketergantungan pada bahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News