Pantes Macet Parah, Rekayasa Lalin Tol Cikopo Belum Maksimal

Pantes Macet Parah, Rekayasa Lalin Tol Cikopo Belum Maksimal
Kemacetan di Tol Cipali. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Rekayasa lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) selama angkutan mudik Lebaran 2015, belum dilaksanakan secara maksimal. Kepala Urusan Inventarisasi Data dan Rekayasa Lalu Lintas Polri Robby Septiandi menyebut, rekasaya lalu lintas di Tol Cipali baru berhasil memindahkan titik kemacetan.

Di mana semula titik kemacetan terjadi di Simpang Jomin, menjadi di pintu masuk Pejagan atau gerbang masuk Jawa Tengah. Kemacetan panjang yang sempat terjadi, dikatakan Robby, karena tol sepanjang 116 KM itu baru dioperasikan tahun ini.  

"Rekayasa yang kami lakukan belum maksimal karena Cipali ini tol baru, pola pergerakan kendaraan belum terbaca," ujar Robby saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (28/7).

Karena itulah, pihaknya kemarin menggunakan data rekayasa yang masih berupa asumsi. Lain hal bila kepolisian sudah mendapatkan data nyata. "Jadi kalau data tidak ada, maka hasil rekayasa masih asumsi. Dengan data yang sudah ada, maka kami akan melakukan rekayasa yang lebih baik agar lebih efektif," jelasnya.

Meski belum maksimal dalam melakukan rekayasa lalu lintas tol Cipali, Robby memastikan bahwa tim di lapangan sudah bekerja secara maksimal untuk mengurai kemacetan. Dengan adanya data nyata selama lebaran tahun ini, Robby optimistis rekayasa lalin di Tol Cipali tahun depan akan lebih berhasil mengurai kemacetan.

"Apa yang dilakukan di lapangan sudah maksimal, kami sudah koordinasi dengan yang ada di Cikampek untuk bagi arus yang masuk ke Cipali. Dengan adanya data tersebut diharapkan ke depan bisa lebih baik lagi," harap Robby. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Rekayasa lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) selama angkutan mudik Lebaran 2015, belum dilaksanakan secara maksimal. Kepala Urusan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News