Ini Sosok Calon Pimpinan yang Diidamkan 9 Wanita

Ini Sosok Calon Pimpinan yang Diidamkan 9 Wanita
Pansel KPK. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Panitia seleksi calon pimpinan KPK hari ini melakukan tes profile assessment terhadap 48 capim, Selasa (28/7). Kepribadian para calon digali pansel melalui beragam pengujian.

Ketua Pansel Capim KPK Destry Damayanti mengatakan, tes ini sangat penting untuk melihat sejauh mana kualitas kepribadian‎ para capim. Pasalnya, kata dia, tantangan KPK ke depan semakin besar dan butuh pemimpin yang berkualitas.

"Kami tidak bisa mengandalkan dari satu hasil tes. ‎Jadi masukan itu tetap kami butuhkan untuk mempengaruhi penilaian. Juga tracking rekam jejak mereka," ujar Destry di sela tes profile assessment di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan.

Dari rangkaian tes ini, pansel yang diisi sembilan wanita tersebut ingin menemukan sosok capim yang memiliki keberanian dan ketegasan. Kemampuan manajerial dan komunikasi juga sangat penting, tapi tutur Destry, keberanian capim tetap paling dibutuhkan. "Yang penting berani. Dia tidak punya keberanian, percuma," tegas Destry.

Destry juga mengakui, masih mengkhawatirkan adanya upaya kriminalisasi pimpinan KPK. Bagi Destry, tidak ada manusia yang lepas dari kesalahan. Ia khawatir kesalahan kecil saja akan mengganggu kredibilitas capim. Karenanya, keberanian memimpin dianggapnya harus dimiliki pimpinan KPK untuk melawan kriminalisasi.

"Soal calon seperti apa, buat saya, terlepas dari persoalan integritas, dia harus minimal cacat hukumnya. Karena kita bicara tidak mungkin tidak pernah ada kesalahan. Saya sendiri juga pernah ditilang," tandasnya. (flo/jpnn)


JAKARTA - Panitia seleksi calon pimpinan KPK hari ini melakukan tes profile assessment terhadap 48 capim, Selasa (28/7). Kepribadian para calon digali


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News