Status Hak Cipta dari Lagu ‘Happy Birthday’ Digugat

Status Hak Cipta dari Lagu ‘Happy Birthday’ Digugat
Status Hak Cipta dari Lagu ‘Happy Birthday’ Digugat

Sekelompok pembuat film yang tengah berjuang agar lagu ‘Happy Birthday’ berada dalam wilayah publik mengatakan, mereka telah menemukan ‘bukti meyakinkan’ yang membuktikan klaim mereka.

Meskipun sering dinyanyikan di seluruh dunia, seseorang yang membawakan lagu ‘Happy Birthday’ di depan publik perlu membayar biaya lisensi untuk menggunakannya.

Dua tahun lalu, sejumlah pembuat film mengajukan gugatan di Amerika Serikat yang mengklaim bahwa lagu ‘Happy Birthday’ tak berada di bawah hak cipta dan harusnya bebas bagi siapa saja untuk menggunakannya.

Status Hak Cipta dari Lagu ‘Happy Birthday’ Digugat
Penghasilan lisensi untuk lagu ‘Happy Birthday’ bernilai jutaan dolar tiap tahunnya bagi perusahaan music ‘Warner/Chappell’. (Foto: Flickr, Will Clayton)

Lagu ‘Happy Birthday’ awalnya ditulis oleh duo bersaudara Patty dan Mildred Hill, keduanya adalah guru dari negara bagian Kentucky.

Lagu ini diterbitkan pada tahun 1893 dalam kumpulan ‘Cerita Lagu untuk Anak TK’ dengan judul ‘Good Morning To All’, dan segera setelahnya menjadi lagu populer ‘Happy Birthday To You’.

Tapi hampir seabad sudah, lagu ini telah menjadi subyek pertikaian hukum atas hak kepemilikan, terutama atas status hak cipta.

Hak cipta pertama untuk lagu ini-yang diketahui- telah didaftarkan pada tahun 1935 oleh ‘Summy Company’, yang kemudian dibeli oleh perusahaan musik ‘Warner / Chappell’.

Sekelompok pembuat film yang tengah berjuang agar lagu ‘Happy Birthday’ berada dalam wilayah publik mengatakan, mereka telah menemukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News