Jonan Merasa Tertantang untuk Tekan Angka Kecelakaan Mudik Lebaran

Jonan Merasa Tertantang untuk Tekan Angka Kecelakaan Mudik Lebaran
Jonan Merasa Tertantang untuk Tekan Angka Kecelakaan Mudik Lebaran

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengaku bersyukur karena jumlah kecelakaan selama mudik Lebaran tahun ini menurun dibanding 2014. Penurunan jumlah kecelakaan itu berimbas pula pada berkurangnya angka korban meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan.  

"Jumlah korban meninggal menurun delapan persen dibanding tahun lalu. Luka berat menurun hampir 45 persen dan luka ringan 13,5 persen menurun," ujar Jonan di kantornya, Jakarta, Selasa (28/7).

Jonan menambahkan, kecelakaan selama mudik tahun ini terjadi untuk moda transportasi darat. Karena itu, dia berharap tahun depan angka kecelakaan bisa terus berkurang.

Jonan bahkan menyebut harapan itu sebagai sebuah tantangan bagi kementeriannya dan kepolisian. Karenanya Kemenhub akan berupaya memperbaiki berbagai hal untuk kebutuhan mudik dan arus balik.

"Mudah-mudahan tahun depan penurunan (angka kecelakaan, red) bisa lebih banyak. Kalau dilihat kali ini selama operasi Lebaran, kejadian kecelakan hanya terjadi di transportasi berbasis jalan raya. Ini merupakan tantangan besar bagi kami semua untuk memperbaiki," tutur dia.

Meski demikian, mantan direktur utama PT KAI itu mengaku optimistis angka kecelakaan akan semakin turun menyusul kerja sama antara Kemenhub dengan Polri untuk mengatur batas kecepatan kendaraan di jalanan.

"Kemarin saya tanda tangan tentang pengaturan batas kecepatan. Bapak Kapolri sudah kirim surat tanggal 9 Juli untuk dukung pembatas kecepatan kendaraan di berbagai jenis jalan," kata pria asal Surabaya ini.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengaku bersyukur karena jumlah kecelakaan selama mudik Lebaran tahun ini menurun dibanding 2014. Penurunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News