AS Bantah Bebaskan Mata-mata Israel Tak Ada Kaitannya dengan Kesepakatan Nuklir Iran

AS Bantah Bebaskan Mata-mata Israel Tak Ada Kaitannya dengan Kesepakatan Nuklir Iran
Jonathan Pollard. Foto: AP

jpnn.com - WASHINGTON - Mantan analis intelijen Angkatan Laut AS, Jonathan Pollard yang dihukum penjara seumur hidup pada 1987 karena 'menjual' dokumen rahasia kepada Israel, akan mendapatkan pembebasan bersyarat.

Jonathan Pollard, 60, diperkirakan akan dibebaskan pada bulan November setelah menjalani hukuman selama 30 tahun dari vonis penjara seumur hidup. Pemerintah Israel berkali-kali telah menempuh sejumlah langkah agar Pollard dibebaskan lebih awal.

"Kami berterima kasih dan gembira klien kami akan segera dibebaskan," kata Eliot Lauer dan Jacques Semmelman tim pengacara Pollard, Selasa (28/7) seperti dilansir laman BBC pada Rabu (29/7). 

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry membantah bahwa pembebasan Pollard sebagai upaya untuk menenangkan Israel di tengah ketegangan atas kesepakan nuklir dengan Iran baru-baru ini. Kasus ini telah menyebabkan gesekan antara AS dan Israel selama beberapa dekade.

Sebelumnya muncul spekulasi bahwa pembebasan ini ditempuh Amerika Serikat untuk membantu melunakkan sikap Israel yang menentang keras kesepakatan.

Pollard divonis hukuman penjara seumur hidup pada tahun 1987, dua tahun setelah ia tertangkap di depan Keduataan Besar Israel di Washington ketika hendak mencari suaka.(BBC/ray/jpnn)


WASHINGTON - Mantan analis intelijen Angkatan Laut AS, Jonathan Pollard yang dihukum penjara seumur hidup pada 1987 karena 'menjual'


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News