Mullah Omar Dipastikan Meninggal Dua Tahun Lalu di Rumah Sakit

Mullah Omar Dipastikan Meninggal Dua Tahun Lalu di Rumah Sakit
Gambar Mullah Omar, yang jarang muncul di muka umum, diambil secara diam-diam oleh BBC di tahun 1996. Foto: BBC

jpnn.com - KABUL - Pemerintah Afghanistan memastikan bahwa pemimpin Taliban Mullah Mohammed Omar telah meninggal di sebuah rumah sakit sejak 2013 di Pakistan. Meninggalnya Omar baru diumumkan pemerintah pada Rabu (29/7) kemarin.

Keberadaan dan kondisi Mullah Omar menjadi misteri sejak dia kabur dari Afghanistan tahun 2001 dalam invasi Amerika Serikat pasca 9/11.

"Berdasarkan informasi yang akurat dan kredibel, Mullah Omar telah meninggal pada April 2013 di Pakistan," ujar pernyataan istana kepresidenan Afghanistan seperti dikutip dari CNN.

Juru bicara badan intelijen Afghanistan, Direktorat Keamanan Nasional, Haseeb Sediqi, mengatakan berdasarkan laporan dari sumber yang terpercaya Omar meninggal dunia di rumah sakit di Karachi, Pakistan. 

Badan intelijen lanjut Sediqi juga mengetahui Omar sudah meninggal sejak lama. Informasi itu juga telah disampaikan pada parlemen. Dalam ia juga telah menyebutkan dalam beberapa kali kesempatan konferensi pers, namun pemerintah masih meragukannya.(ray/jpnn)

KABUL - Pemerintah Afghanistan memastikan bahwa pemimpin Taliban Mullah Mohammed Omar telah meninggal di sebuah rumah sakit sejak 2013 di Pakistan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News