DPR Optimistis Kerja Sama Indonesia-Turki Bakal Membawa Kesejahteraan

DPR Optimistis Kerja Sama Indonesia-Turki Bakal Membawa Kesejahteraan
DPR Optimistis Kerja Sama Indonesia-Turki Bakal Membawa Kesejahteraan

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR RI Setya Novanto menyakini kesepakatan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Turki yang meliputi bidang perdagangan dan investasi, pendidikan dan pertahanan akan membawa kontribusi yang baik bagi kesejahteraan rakyat di kedua negara.

"DPR berkeyakinan bahwa kesepakatan yang dicapai kedua pemerintah siang tadi akan memberikan manfaat bagi rakyat di dua negara," kata Novanto usai menerima kunjungan  Republik Turki, Recep Tayyip ErdoÄŸan di DPR RI, Jumat (31/7) petang.

Novanto juga meras optimistis kerja sama antar-parlemen antara Indonesia dengan Turki. Menurut Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini, kerja sama antara-parlemen juga menjadi bagian penting yang dibicarakan dan perlu dikembangkan oleh kedua negara.

DPR Optimistis Kerja Sama Indonesia-Turki Bakal Membawa Kesejahteraan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/7). Foto: dokumen JPNN Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/7). Foto: Natalia Fatima/JPNN.Com - See more at: https://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&clean=1&id=318003&page=&field_asc_desc=&asc_desc=#sthash.NAPkQKlL.dpuf Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/7). Foto: Natalia Fatima/JPNN.Com - See more at: https://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&clean=1&id=318003&page=&field_asc_desc=&asc_desc=#sthash.NAPkQKlL.dpuf

"Dalam kaitan ini, DPR mengharapkan dukungan pemerintah Turki agar dapat dibentuk grup kerja sama bilateral Indonesia-Turki," harapnya.

Bagi Indonesia, ujar Novanto, Turki merupakan salah satu negara sahabat yang sangat penting. Kedua negara, lanjutnya, memiliki hubungan sejarah panjang karena sama-sama berpenduduk mayoritas muslim yang moderat dan damai.

Indonesia dan Turki juga memiliki banyak simpul kerja sama seperti di OKI, D-8 dan G-20. Selain itu, keduanya juga terlibat dalam MIKTA atau forum kerja sama yang terdiri dari lima negara berkembang, yakni Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia. "Itu  merupakan refleksi dari kedekatan hubungan Indonesia-Turki," tegasnya.

Novanto menambahkan, dalam rangka mendorong hubungan kedua negara maka DPR telah menyetujui Rancangan Undang-Undang Tentang Pengesahan Persetujuan Kerja Sama Industri Pertahanan Indonesia-Turki. "RUU tersebut merupakan pencapaian penting dalam hubungan kerjasama kedua negara khususnya di bidang pertahanan," imbuhnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua DPR RI Setya Novanto menyakini kesepakatan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Turki yang meliputi bidang perdagangan dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News