Menperin Dorong Peningkatan Ekspor Alas Kaki

Menperin Dorong Peningkatan Ekspor Alas Kaki
Menperin Dorong Peningkatan Ekspor Alas Kaki

jpnn.com - ‎JAKARTA- I‎‎‎ndustri alas kaki nasional harus diakui salah satu sektor yang banyak memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Pasar ekspor alas kaki mampu menyerap tenaga kerja.

Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menetapkan industri alas kaki nasional sebagai industri prioritas yang akan terus didorong pengembanganny‎a.

“Sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan ekspor terutama untuk produk non migas di dalam negeri, kami berharap semakin banyak produsen alas kaki nasional yang dapat melakukan pengembangan usahanya sehingga nilai ekspor alas kaki nasional dapat ditingkatkan dan dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi,” papar Menperin Saleh Husin, Jumat (31/7).

Dia menyebutkan, investasi industri alas kaki cenderung naik setiap tahunnya. Pada tiga tahun terakhir (2011–2014), kenaikan rata-rata mencapai 4,74 persen. Pada 2014, nilai investasi di‎ sektor industri alas kaki‎ sebesar Rp 10,7 triliun atau naik sekira 1,25 persen dibanding tahun sebelumnya,dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 643 ribu orang.

Ekspor industri alas kaki juga terus mengalami peningkatan, pada 2014 nilai ekspor produksi alas kaki nasional mencapai USD 4,11 miliar atau naik sebesar 6,44 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Negara tujuan ekspor utama produk alas kaki Indonesia, diantaranya adalah Amerika Serikat, Belgia, Jerman, Inggris dan Jepang,” sebut Menperin

Di samping itu, industri alas kaki merupakan salah satu industri yang nilai perdagangannya terus meningkat dengan rata-rata nilai surplus dalam lima tahun terakhir yang mencapai USD 2,84 miliar. Pada akhir tahun 2014, surplus perdagangan produk alas kaki sebesar USD 3,7 miliar‎. (esy/jpnn)


‎JAKARTA- I‎‎‎ndustri alas kaki nasional harus diakui salah satu sektor yang banyak memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News