Kiai Wahab yang Pendiri NU Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Kiai Wahab yang Pendiri NU Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional
Kiai Wahab yang Pendiri NU Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional. Foto: IST

jpnn.com - JOMBANG - Kehadiran Presiden Joko Widodo dan membuka Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-33 di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (1/8) membawa kabar gembira bagi warga nadliyin dengan penetapan salah satu ulama Jombang, KH Abdul Wahab Hasbullah sebagai pahlawan nasional.

Penetapan salah satu pendiri organisasi Nahdlatul Ulama itu jadi pahlawan nasional disampaikan langsung oleh Jokowi, sebelum menutup pidatonya dalam acara yang dihadiri Megawati Soekarnoputri itu.

"Sedikit tambahan, sejak saya jadi presiden, gelar pahlawan nasional akan saya anugerahkan pada Kiai dari Jombang, KH Abdul Wahab Hasbullah," kata Jokowi disambut tepuk tangan peserta Muktamar.

Kiai Wahab merupakan salah satu petintis NU bersama KH Hasyim Asyhari, yang diawali dengan kebangkitan para saudagar atau Nahdatut tujjar. Inilah yang kemudian berkembang jadi Nahdlatul Ulama.

Semasa hidup, Kiai Wahab juga pengasuh Pondok Pesantren tambak Beras, Jombang, yang sudah banyak melahirkan para ulama.(fat/jpnn)


JOMBANG - Kehadiran Presiden Joko Widodo dan membuka Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-33 di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (1/8) membawa kabar gembira


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News