Kondisi Indonesia Saat Ini Mirip 1998

Kondisi Indonesia Saat Ini Mirip 1998
radar semarang

jpnn.com - JAKARTA - Tingginya nilai tukar dolar AS dan lesunya kondisi ekonomi yang dipadukan dengan kekeringan panjang saat ini agak mirip dengan kondisi Indonesia saat mengalami krisis 1998.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ekonom Universitas Indonesia Yusuf Wibisono saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (1/8). "Ya, ada kemiripannya," ucap Yusuf.

Yusuf melihat, untuk sampai ke krisis seperti 1998, memang masih jauh. Tapi, tanda-tanda bahaya bagi kondisi ekonomi sudah sangat terlihat jelas. Tingginya nilai dolar, kenaikan BBM, kenaikan TDL, kenaikan gas elpiji, dan penurunan daya beli masyarakat telah membuat ekonomi nasional lampu kuning.

 Belum lagi ditambah dengan ancaman kekeringan panjang yang bisa berujung pada gagal panen dan krisis pangan.

"Kekeringan ini semakin membuat kita bahaya. Dengan kekeringan ini akan terjadi kenaikan harga pangan. Masyarakat kecil bahkan juga petani kita akan sangat terpukul. Sebab, selain produser, petani kita juga konsumen. Saat gagal penen mereka tidak punya penghasilan tapi mereka juga harus beli pangan mahal untuk kebutuhannya," jelasnya.

Sayangnya, kata Yusuf, tidak ada langkah sistematis yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi itu. Saat ini pemerintah hanya baru bisa bagi-bagi pompa air. Padahal, pompa itu tidak akan ada gunanya jika air di sungainya juga tidak ada.

"Belum ada langkah sistematis. Padahal, el nino ini kan sudah bisa diprediksi sejak jauh hari. Harusnya ada langkah-langkah konkret yang bisa meminimalkan gagal panen," jelasnya. (ian)

 

JAKARTA - Tingginya nilai tukar dolar AS dan lesunya kondisi ekonomi yang dipadukan dengan kekeringan panjang saat ini agak mirip dengan kondisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News