Kisah Haru Mahasiswi Thailand Mencari Ayahnya di Jember

Kisah Haru Mahasiswi Thailand Mencari Ayahnya di Jember
Royanee Samae. Foto: Jawa Pos Radar Jember

jpnn.com - JEMBER –  Royanee Samae memutuskan menempuh kuliah di Indonesia, setelah keinginannya mencari sang ayah begitu kuat.

Kepulangan ayahnya ke Indonesia sejak 2002 tanpa kabar hingga kini membuat gadis asal Pattani tersebut bertekad mengajak sang ayah untuk bertemu dengan ibu dan adiknya di Pattani.

Sang ayah memang orang Indonesia yang menikah dengan perempuan asli Pattani, Thailand, bernama Hameedah Bodok. Dari pernikahan tersebut, mereka mempunyai dua anak, yakni Royanee Samae dan Khadijah Samae.

Namun, pada 2002 Wahib meninggalkan keluarganya dan kembali ke Jember tanpa memberi kabar sama sekali. Kala itu Wahib datang ke Thailand untuk bekerja sebagai petani karet di Songkhla, Thailand, selama sepuluh tahun.

Mereka tinggal di kawasan 76/1 MI T.Kholotanyong A.Nongcek J.Pattani. ’’Beliau pergi ketika saya baru berusia delapan tahun dan adik saya enam tahun,’’ ungkap Royanee.

Data yang dimiliki Royanee dan ibunya hanya sebuah foto keluarga yang sudah usang dan KTP Wahib. Tidak tertera tanggal lahir di kartu identitas itu. Hanya, informasi usia Wahib pada 1983 adalah 33 tahun. Jadi, Wahib saat ini diperkirakan berusia 65 tahun. Alamat yang tertera di sana adalah Jalan Ronggowarsito RT 277, RK 47, Jember Lor, Patrang.

Menurut cerita ibunya, sebelum berangkat ke Thailand, Wahib menikah di Indonesia dan mempunyai dua anak laki-laki dan perempuan. Namun, Royanee tidak mengetahui identitas mereka sehingga dirinya tidak bisa mereka-reka usia mereka saat ini. ’’Ketika itu ayah tidak menceritakannya kepada kami,’’ ungkapnya.

Gadis kelahiran 10 Desember 1994 itu menuturkan tidak ada permasalahan rumah tangga yang dihadapi keluarganya. Seingat Royanee, ayahnya pergi untuk urusan perpanjangan visa dan paspor. ’’Sejak saat itu tidak ada kabar sama sekali sampai hari ini,’’ tuturnya.

JEMBER –  Royanee Samae memutuskan menempuh kuliah di Indonesia, setelah keinginannya mencari sang ayah begitu kuat. Kepulangan ayahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News