Ada Kecenderungan Ibu Merokok Saat Hamil Miliki Anak Remaja yang Nakal

Ada Kecenderungan Ibu Merokok Saat Hamil Miliki Anak Remaja yang Nakal
Ada Kecenderungan Ibu Merokok Saat Hamil Miliki Anak Remaja yang Nakal

Untuk pertama kalinya di Australia sebuah penelitian dilakukan untuk mengamati perilaku nakal anak-anak berusia 12 dan 13 tahun. Dari penelitian tersebut ditemukan adanya hubungan perilaku nakal tersebut dengan ibu yang merokok saat sedang hamil.

Penelitian dilakukan oleh Institut Kajian Keluarga Australia dengan melakukan survei kepada lima ribu keluarga.

Dalam survei tersebut ditemukan kenakalan remaja, seperti perkelahian, perusakan properti, dan membolos paling sering dilakukan oleh anak-anak berusia 12 hingga 13 tahun. 

Para peneliti juga menemukan anak-anak yang tinggal di kawasan yang kurang makmur lebih besar kemungkinannya untuk melakukan kenakalan.

Dr Ben Edwards dari pusat kajian tersebut mengatakan, secara keseluruhan, kurang dari 10 persen dari anak-anak berusia 12 dan 13 tahun telah melakukan pelanggaran hukum.

"Hal-hal seperti mencuri, merusak properti, bolos sekolah, berkelahi adalah kenakalan yang paling umum," kata Dr Edwards.

"Satu dari empat anak laki-laki terlibat dalam perkelahian di tahun sebelumnya, sementara anak perempuan yang terlibat jumlahnya sekitar delapan persen."

"Ada beberapa senjata yang terlibat. Satu dari 10 anak laki-laki membawa senjata. Tapi sulit dipastikan apakah mereka benar-benar menggunakan senjata tersebut. Namun kemungkinan ada beberapa perkelahian serius berdasarkan bukti yang kami kumpulkan."

Dr Edwards mengatakan para peneliti melihat 35 faktor yang membuat kemungkinan anak berusia sekitar 12 untuk melakukan kejahatan.

"Alasan yang paling umum berasal dari keluarga, juga dari anak-anaknya sendiri," tambahnya.

"Kami menemukan bahwa ibu yang merokok selama kehamilan lebih mungkin memiliki anak-anak yang beresiko menjadi pelaku kriminal di kemudian hari."

"Masalah perhatian yang diberikan saat anak-anak berusia empat hingga lima tahun juga sangat penting. Pada usia 11 tahun, masalah pergaulan [menjadi] signifikan dan orangtua yang lebih keras juga memiliki keterkaitan dengan tingginya tingkat perilaku kriminal."

Ada Kecenderungan Ibu Merokok Saat Hamil Miliki Anak Remaja yang Nakal
Penelitian menemukan kemungkinan besar adanya kaitan antara perilaku anak yang dilahirkan dari ibu yang merokok saat hamil.

Kaitan merokok saat hamil dengan perilaku kriminal anak

Dr Edwards mengatakan hubungan antara merokok selama kehamilan dan perilaku nakal kemungkinan terkait saat proses pengembangan sistem saraf neurobehavioral.

"Ada beberapa penelitian yang menunjukkan hal itu terkait dengan perkembangan neurobehavioral, dengan merujuk pada tingkat gangguan hiperaktif perhatian yang lebih tinggi. Tapi ini adalah studi pertama kami yang mengidentifikasi [masalah] ini," katanya.

"Kami menemukan adanya kemungkinan yang kecil bagi ibu yang minum [alkohol] selama kehamilan untuk memiliki anak-anak yang terlibat dalam perilaku kenakalan. Kami tidak tahu alasannya. [Tapi] merokok selama kehamilan adalah salah satu yang benar-benar signifikan."

Namun, Dr Edwards mengatakan temuan yang paling penting dari studi ini adalah bahwa anak-anak yang berisiko, yang dilahirkan dari ibu-ibu merokok selama hamil, tidak selalu melakukan kejahatan.

"Kami mengidentifikasi dua dari lima anak-anak yang berisiko tidak terlibat dalam perilaku kriminal, dan sebaliknya satu dari lima anak-anak yang kita tidak anggap berisiko, benar-benar terlibat dalam perilaku kriminal."

"Jadi faktor-faktor yang kita soroti bukan sebuah kepastian,... tapi untuk mendukung anak-anak dalam mengatur perilaku mereka sebagai bagian dari solusi."

Sementara itu, kebiasaan bapak yang minum alkohol dan merokok tidak dilihat secara seksama dalam penelitian tersebut.


Untuk pertama kalinya di Australia sebuah penelitian dilakukan untuk mengamati perilaku nakal anak-anak berusia 12 dan 13 tahun. Dari penelitian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News