Ketika Puan Maharani Bicara Riset, Iptek dan Revolusi Mental

Ketika Puan Maharani Bicara Riset, Iptek dan Revolusi Mental
Menko PMK Puan Maharani dan Menristek, M Nasir. Foto: Humas Kemenko PMK for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menilai Revolusi Mental juga sangat diperlukan dalam bidang riset, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi (Dikti).

Dengan Revolusi Mental, tiga hal tersebut bisa dilakukan dengan berorientasi pada kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi kehidupan masyarakat.

Hal ini disampaikan Puan Maharani saat menjadi keynote speaker Rakornas Iptek 2015 di Jakarta, Selasa (4/8). Agenda ini dihadiri Menristekdikti Muhammad Nasir dan sejumlah pimpinan badan penelitian dan pengembangan.

Puan mengatakan, satu langkah penting dalam rangka Revolusi Mental di bidang riset dan iptek ini adalah adanya komitmen untuk melakukan pembagian peran dan tugas lembaga pendidikan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan serta dunia usaha dan industri di dalam membangun kemandirian ekonomi Indonesia. 

Komitmen tersebut diwujudkan dalam semangat kerja yang dapat diukur kinerjanya. “Komitmen untuk membangun kemandirian ekonomi Indonesia melalui Pembangunan Riset dan Iptek disusun dalam Rencana Induk Pembangunan dan Pengembangan Iptek Nasional untuk jangka menengah dan panjang. Rencana Induk ini akan menjelaskan pembagian peran dan tugas lembaga pendidikan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan serta dunia usaha dan industri, fokus bidang Riset dan Iptek, proyeksi capaian yang diinginkan, kebutuhan anggaran serta kebutuhan SDM Iptek,” ujar Puan.

Putri dari mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri ini berharap, melalui Rapat Koordinasi Nasional ini dihasilkan gagasan yang cemerlang dan rencana kerja yang baik guna memacu pembangunan khususnya di bidang penelitian, ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi.

Menko PMK mengakui, tantangan klasik yang kerap menerpa lembaga penelitian di Indonesia adalah keterbatasan dana. Akselerasi perkembangan riset dan teknologi di Indonesia tidak sepesat di negara-negara maju yang memiliki kemampuan menyediakan dana riset yang tinggi. Untuk itu, pemerintah berupaya mengoptimalkan riset dan teknologi dengan menggabungkan urusan riset dan teknologi dengan urusan pendidikan tinggi.

“Penggabungan itu adalah untuk memacu perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi. Latar belakang yang mendorong asimilasi kedua sektor tersebut adalah agar karya-karya yang dihasilkan perguruan tinggi tidak berhenti menjadi arsip saja, namun diharapkan dapat menjadi solusi konkrit untuk menjawab permasalahan masyarakat melalui jalur implementasi,” ucapnya.

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menilai Revolusi Mental juga sangat diperlukan dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News