JK: Saudara Terbaik adalah Negara Tetangga

JK: Saudara Terbaik adalah Negara Tetangga
JK: Saudara Terbaik adalah Negara Tetangga. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA --  Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, butuh kerjasama yang baik oleh kepolisian antarnegara ASEAN untuk meningkatkan keamanan serta fungsi pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

Karenanya, butuh profesionalitas, kerjasama dengan sistem yang baik dari kepolisian antarnegara tetangga di ASEAN.

"Selalu kita tekankan bahwa saudara yang terbaik adalah negara terdekat. Oleh karena itu ASEAN sebagai negara terdekat haruslah menjamin stabilitas dan mutu negara masing-masing," kata JK membuka Konferensi ASEAN Association of Chiefs of Police (ASEANAPOL) atau pertemuan polisi kawasan ASEAN ke 35, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (4/7).

Selain menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN, JK mengatakan kerjasama ini juga penting untuk menyelesaikan masalah kriminalitas yang menggunakan teknologi tinggi dan tindak pidana seperti kejahatan-kejahatan cyber, perdagangan orang, narkoba, pencucian uang, pemberantasan korupsi dan illegal fishing.

"Oleh karena itu, pertemuan kepolisian ASEAN ini sangat penting," tegas JK.

Berdasarkan pengalaman banyak kejahatan yang melibatkan berbagai negara. Misalnya, kejahatan cyber crime oleh pelaku di negara lain yang beroperasi di Indonesia. Begitu juga kejahatan terorisme.

Di Indonesia begitu mudah mendapatkan logistik dari negara tetangga. Sebaliknya, dari Indonesia pelaku terorisme mudah menyeberang ke negara tetangga.

Belum lagi kata dia, banyak terorisme di Indonesia jadi pelatih di negara lain. "Karena itu butuh kerjasama mengatasinya," tegasnya.

JPNN.com JAKARTA --  Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, butuh kerjasama yang baik oleh kepolisian antarnegara ASEAN untuk meningkatkan keamanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News