Ada Pejabat di Sumut Dukung Petahana

Ada Pejabat di Sumut Dukung Petahana
Ada Pejabat di Sumut Dukung Petahana

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara menemukan indikasi pelibatan pegawai negeri sipil (PNS) dalam proses deklarasi pasangan bakal calon kepala daerah, dalam pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Bahkan menurut pimpinan Bawaslu Sumut, Aulia Andi, pelibatan PNS juga terjadi saat petahana mendaftarkan diri ke KPUD setempat untuk maju sebagai pasangan bakal calon kepala daerah.

"Temuan ‎Bawaslu ada pelibatan PNS baik di dalam proses deklarasi atau bahkan ketika pendaftaran berlangsung di kantor KPU. Dan juga terdapat pejabat tinggi daerah sempat hadir," ujar Aulia.

Menanggapi temuan tersebut, anggota Bawaslu pusat Nasrullah mengatakan, pihaknya akan mengirim surat ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)‎. Selain itu juga surat akan dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), agar dapat mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan sesuai aturan yang ada.

"Kami akan mengirimkan surat ke Kemenpan RB dan Kemendagri untuk menindak tegas dan melakukan langkah-langkah menegakkan aturan yang berlaku, menyangkut aparatur sipil negara," ujarnya.

Nasrullah berharap Kemenpan RB dan Kemendagri dapat menjatuhkan sanksi tegas. Karena walau bagaimanapun, pejabat negara maupun PNS tidak diperkenankan terlibat dalam politik praktis. Apalagi menggunakan jabatannya untuk mendukung petahana yang ada.

:Kami minta ‎langkah tegas terkait dugaan pelibatan PNS. Kalau ditanya daerahnya mana, cukup provinsinya. Pokoknya salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara‎," ujar Nasrullah. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara menemukan indikasi pelibatan pegawai negeri sipil (PNS) dalam proses deklarasi pasangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News