Harumkan Nama Bangsa, Atlet Penyandang Disabilitas Bikin Kagum Menko PMK

Harumkan Nama Bangsa, Atlet Penyandang Disabilitas Bikin Kagum Menko PMK
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di Jakarta, Rabu (5/8) saat menyampaikan apresiasi pemerintah kepada kontingen Indonesia yang baru pulang dari perhelatan Special Olympics World Games 2015, Los Angeles, Amerika Serikat. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memuji para atlet Indonesia yang telah berkiprah dalam Special Olympics World Games 2015 di Los Angeles, Amerika Serikat. Puan merasa kagum karena keterbatasan ternyata tak menghalangi kontingen Indonesia untuk menorehkan prestasi di olimpiade bagi para penyandang disabilitas itu.

Dalam ajang yang diikuti 148 negara itu, 41 atlet Indonesia berhasil membawa pulang medali dari 7 cabang oleh raga. Rinciannya adalah 19 medali emas, 12 perak dan 5 perunggu.

Puan mengatakan, prestasi kontingen Indonesia di ajang Special Olympics World Games 2015 itu jelas membanggakan. "Dengan berbagai keterbatasan, saudara-saudari telah bekerja keras untuk mengukir prestasi,” kata Puan saat menyambut kontingen Indonesia untuk Special Olympics Indonesia 2015 di kantor Kementerian Menko PMK, Jakarta, Rabu (5/8).
 
Menurut Puan, prestasi itu layak diteladani. Sebab, atlet penyandang disabilitas yang tergabung dalam kontingen Indonesia untuk Special Olympics World Games 2015 telah menunjukkan karakter dan mental kuat untuk berprestasi.

"Karakter yang saudara-saudari‎ tunjukkan adalah teladan bagi kita semua. Apa yang saudara-saudari lakukan di Special Olympics menyatakan bahwa keterbatasan bukanlah suatu alasan untuk dapat berprestasi," tutur Puan.

Puan menegaskan, para atlet Indonesia di Special Olympics 2015 itu telah mengharumkan nama bangsa. “Saya bangga bisa melihat Indonesia Raya berkumandang dan bendera Merah Putih berkibar di ajang internasional," kata Puan.

Karenanya pemerintah pun telah menyediakan bonus bagi atlet peraih medali di ajang Special Olympics 2015 Los Angeles. Besaran bonusnya pun sama dengan atlet Indonesia peraih medali di SEA Games 2015 di Singapura lalu.

"Insya Allah akan diterima Agustus atau September. Pergunakan bonus itu dengan sebaik-baiknya, jangan dihambur-hamburkan dan teruslah berprestasi dengan benar," pintanya.

Sedangkan Ketua Umum Special Olympics Indonesia, Pudji Hastuti menjelaskan, 7 cabang olahraga yang diikuti kontingen Merah Putih antara lain atletik, sepak bola,  bulu tangkis, renang dan tenis meja. Total jumlah kontingen dalam adalah 60 orang termasuk 41 atlet.  ‎"Kontingen Indonesia dapat kehormatan di sana (Los Angeles, red),” kata Pudji.‎(ara/jpnn)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memuji para atlet Indonesia yang telah berkiprah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News