Berhadiah Rp2 Miliar Pelari Internasional dari 20 Negara Termasuk Kenya Turun Gunung

Berhadiah Rp2 Miliar Pelari Internasional dari 20 Negara Termasuk Kenya Turun Gunung
Presiden Direktur PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) Taswin Zakaria (keenam kiri) bersama jajaran Direksi BII, Sekjen PB PASI Tigor M Tanjung (kedua kanan) dan pihak sponsor menyatakan kesiapan untuk menyelenggarakan BII-Maybank Bali Marathon (BMBM) 2015, dalam acara Jumpa Pers Persiapan Final BMBM di kantor pusat BII, Jakarta (6/8). Foto: Budianto/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, BII-Maybank Bali Marathon (BMBM) 2015 memenuhi kualifikasi untuk masuk dalam official race directory Boston Marathon, yang merupakan salah satu dari enam World Major Marathon series, disamping marathon Berlin, New York, London, Chicago, dan Tokyo.  

Adapun jumlah peserta yang mendaftar tercatat berasal dari 20 negara, termasuk dari Kenya, Ethiopia, Eropa, Amerika, Asia dan Australia serta para penggemar olah raga lari di Indonesia yang terus bertumbuh pesat hingga saat ini. 

Diantara pendaftar terdapat pelari internasional asal Kenya Chelimo Luka Kipkemoi juara FM Singapore Marathon 2013, yang akan mencoba mengusik dominasi rekan senegaranya Lilan Kennedy Kiproo, juara FM BMBM selama tiga tahun berturut-turut (2012-2014).  

Pelari asal Kenya lain Joseph Gitau Kariuki, juara FM Myanmar Marathon 2014 dan Mbogo Elijah Mwaniki, juara kedua FM BMBM 2014, juga akan hadir.  Demikian juga pelari puteri, Elizabeth Chepkanan Rumokol, juga dari Kenya juara FM Singapore Marathon 2013 dan Chemutai Immaculate, dari Uganda, juara FM Khonkean Marathon 2013 serta Karimi Esther Wambui, dari Kenya, juara 10K BMBM 2014.
 
BMBM 2015 juga telah ditetapkan PASI sebagai ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 di Jawa Barat pada 2016 mendatang. Oleh karena itu sejumlah atlet elit nasional juga akan berlaga di event lari internasional ini, termasuk tiga terbaik di kategori FM nasional putra pada BMBM 2014, masing-masing Hamdan Hafril Sayuti, Nicolas Albinus Sila dan Asmara Bara. 

Selain itu, Yahuza, yang merupakan juara FM nasional putra BMBM 2013 dan juga pemegang medali emas Sea Games 2011, juga akan turun di nomor FM.  Demikian juga juara kedua FM nasional putri BMBM 2014, yang juga pelari senior Supriati Sutiono, peraih medali emas Asian Games 1998 dan Kejuaraan Asia 2000, yang juga dikenal sebagai peraih medali emas terbanyak di SEA Games.  

Triyaningsih, yang baru saja kembali mengharumkan nama Indonesia di pentas SEA Games 2015 Singapura dengan memperoleh medali emas di nomor HM dan 10K akan turun di kategori HM.
 
Pada BMBM 2015 ini akan memperebutkan total hadiah lebih dari Rp2 miliar bagi 88 pemenang. Penyediaan hadiah dalam Rupiah selaras dengan Peraturan Bank Indonesia No 17/3/PBI tentang kewajiban transaksi rupiah di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
 
Untuk penyelenggaraan BII-Maybank Bali Marathon, BII juga telah memperoleh dukungan dari Pemerintahan Daerah Bali, mulai dari pimpinan Kabupaten Gianyar, Kotamadya Denpasar hingga Provinsi Bali dan juga sponsor dari pihak swasta. 
 
"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak yang diberikan bagi penyelenggaraan lomba marathon ini. Kesuksesan event BMBM salah satunya dapat tercapai berkat dukungan sponsor yang kuat," kata Presiden Direktur BII Taswin Zakaria dalam jumpa pers persiapan final BMBM 2015 di kantor Pusat BII, Senayan, Jakarta, Kamis (6/8). 
 
Seperti penyelenggaraan BMBM pada tahun-tahun sebelumnya, BII menyelenggarakan inisiatif CSR sebagai bagian dari rangkaian BMBM.  

Pada BMBM 2015, BII akan menyelenggarakan inisiatif CSR di bidang pemberdayaan para penyandang disabilitas khususnya untuk meningkatkan produktivitas mereka dalam membuat kursi roda dan kaki palsu. Disamping itu BII juga akan melanjutkan dukungan pendidikan bagi sekolah-sekolah di Gianyar.(ray/jpnn)

JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, BII-Maybank Bali Marathon (BMBM) 2015 memenuhi kualifikasi untuk masuk dalam official race directory Boston


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News