Misterius..Kapal Ikan Bantuan Provinsi Hilang

Misterius..Kapal Ikan Bantuan Provinsi Hilang
Ilustrasi.

jpnn.com - SIMEULUE - Sebuah kapal ikan 40 GT bernama KM Laskar Mina Bahari-Malahajaty 1207-40 hilang entah di mana rimbanya. 

Kapal yang sudah diserahkan pihak Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Aceh dan DKP Kabupaten Simeulue kepada Kelompok Usah Bersama (KUB) Aneuk Laut, tak diketahui lagi keberadaannya, sejak diperbaiki awal tahun 2015 lalu.

"Laporan dari ketua kelompoknya saudara Afrisal, bahwa kapal itu diperbaiki di Banda Aceh, awal tahun 2015 lalu, dan setelah itu kapal tersebut tidak pernah pulang lagi ke Simeulue," kata Sekretaris DKP Kabupaten Simeulue, Ibrahim SP, seperti dikutip dari Rakyat Aceh (Grup JPNN), Jumat (7/8).

Kapal tersebut merupakan bantuan APBA senilai Rp 2.420.800.000 tahun 2013, dan diserahkan pada 27 Desember 2013 lalu.

Ibrahim mengakui hingga saat ini tidak mengetahui kapal ikan itu setelah perbaikan, dan untuk standar pengawasan pihaknya telah melayangkan surat resmi pertama kepada pimpinan kelompok nelayan supaya harus kembali ke Simeulue.

"Surat resmi pertama sudah kami layangkan kepada yang bersangkutan dan saya berjanji segera kirimkan surat kedua kepada mereka, supaya kapal itu segera ke Simeulue, untuk dimanfaatkan kelompoknya, karena kapal itu untuk nelayan Simeulue," tegas Ibrahim.

Dia sempat melontarkan penyesalannya dan merasa tidak habis pikir, karena di Simeulue telah tersedia galangan untuk perbaikan kapal nelayan, namun kelompok usaha nelayan itu tetap membawa ke Banda Aceh, untuk diperbaiki.

Namun dia juga menyatakan masih sering koordinasi dengan ketua kelompok usaha nelayan itu, terkait kapal ikan setelah diperbaiki dan beroperasi di kawasan perairan Banda Aceh, karena lebih menguntungkan dan lebih menghasilkan dibandingkan di perairan pulau Simeulue.

SIMEULUE - Sebuah kapal ikan 40 GT bernama KM Laskar Mina Bahari-Malahajaty 1207-40 hilang entah di mana rimbanya.  Kapal yang sudah diserahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News