Liburan Kontroversial Raja Arab Saudi dari Masa ke Masa

Sewa Tiga Pulau Sekaligus, Belanja pun Habiskan Triliunan Rupiah

Liburan Kontroversial Raja Arab Saudi dari Masa ke Masa
Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Foto: The Guardian

jpnn.com - Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud baru saja mengakhiri liburan musim panasnya di Prancis. Dari tiga pekan yang direncanakan, pemimpin monarki Arab Saudi itu akhirnya hanya menjalani liburan delapan hari. Kontroversi yang mengiringi acara senang-senang tokoh 79 tahun itu disebut-sebut sebagai penyebab berubahnya rencana.

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

SEJAK era Raja Fahd bin Abdulaziz Al Saud (almarhum), Eropa selalu menjadi destinasi wisata Kerajaan Arab Saudi. Bagi para pemimpin monarki Negeri Petrodolar, negara-negara di Benua Biru adalah surga liburan musim panas. Mengusung keluarga besar dan rombongan pejabat pendamping serta pengawal, rombongan jalan-jalan sang raja tidak pernah sedikit. Juga, mereka tidak pernah hanya singgah sebentar.

Agenda liburan keluarga besar Kerajaan Arab Saudi dan rombongannya selalu membuat pemerintah negara tujuan tersenyum. Bayangan derasnya aliran riyal ke pundi-pundi mereka membuat kedatangan rombongan Saudi sangat dinanti. Banyaknya kerabat, pejabat, dan pengawal yang mengiringi raja membuat Saudi memesan sejumlah hotel, menyewa berbagai fasilitas, dan berbelanja banyak kebutuhan.

Seolah tidak cukup hanya menyewa atau menggunakan fasilitas liburan di negara tujuan, Saudi bahkan buang-buang uang dengan membangun sendiri gedung atau tempat hiburan yang diinginkan. Di Spanyol, misalnya. Pada era Raja Fahd (1982–2005), Saudi membangun sebuah masjid, sebuah pusat kebugaran, serta replika Gedung Putih yang terbuat dari marmer dan emas. Tiga bangunan itu masih kukuh berdiri sampai sekarang di Kota Marbella.

”Saat berlibur di Spanyol itu, Raja Fahd membawa serta sekitar 3.000 orang dalam rombongannya. Selama sekitar tujuh pekan, mereka membelanjakan uang sedikitnya USD 100 juta (sekitar Rp 1,3 triliun) di negara tersebut,” papar Shane Dixon Cavanaugh dan Adi Cohen dalam ulasan mereka di situs berita vocativ. Selama menjabat, Fahd rutin mengunjungi Spanyol saat liburan musim panas tiba.

Liburan Kontroversial Raja Arab Saudi dari Masa ke Masa

Hotel Le Mirage, Tangier, Maroko tempat rombongan Raja Salman menghabiskan sisa liburan. Foto: Fadel Senna/AFP Photo

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud baru saja mengakhiri liburan musim panasnya di Prancis. Dari tiga pekan yang direncanakan, pemimpin monarki Arab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News