Catat! Ini Janji-Janji Si Doel

Catat! Ini Janji-Janji Si Doel
Mantan Wakil Gubernur Banten Rano Karno saat mengikuti pelantikan dirinya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). Rano Karno resmi menjadi Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut Chosiyah. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Rano Karno resmi menjabat sebagai Gubernur Banten setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). Sebelumnya, ia menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) menyusul penahanan Ratu Atut Chosiyah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengangkatan Rano Karno sebagai Gubernur Banten dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78/P tahun 2015 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur Banten sisa masa jabatan tahun 2012-2017. 

Rano berjanji akan membangun Banten terutama di sektor infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Selain itu, ia juga menyatakan, segera mengatasi kekeringan di wilayahnya.

“Saya akan kejar untuk membangun Banten. Poin yang sedang kami fokuskan tentang kemarau nih. Sudah banyak kekeringan di daerah Banten. Walaupun di beberapa wilayah, di tengah kemarau ini masih ada panen raya. Hari ini ada panen raya di Lebak,” ujar Rano di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu, (12/8).

Mantan aktor serial TV, si Doel Anak Sekolahan ini juga mengaku akan menjalankan rencana program Jokowi-sapaan Joko Widodo di wilayahnya. Misalnya pembangunan tol Serang Timur hingga Pandeglang. Pembangunan itu, ujarnya, untuk menunjang ekonomi khusus Tanjung Lesung.

“Kalau dalam pemerintahan itu enggak bisa improvisasi, semua kerja berdasarkan visi misi 5 tahun. Nah ini terus terang 1,5 tahun, Banten terlambat karena ada tsunami. Untuk mengejar ini memang memerlukan extra kerja,” imbuh politikus PDI perjuangan tersebut.

Soal jabatan wakil gubernur Banten, Rano mengatakan, menunggu keputusan Kemendagri. Ia mengaku, setuju dengan pendapat Mendagri Tjahjo Kumolo yang menyatakan tidak perlu ada wakil untuknya.

“Tidak perlu wakil karena memang tinggal 17 bulan. Tapi kalau memang nanti ada wakil, buat saya tidak ada masalah. Ada wakil saya kerja, tidak ada wakil saya tetap kerja,” tegas Rano.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Banten sebelumnya, Ratu Atut Chosiyah tersangkut kasus suap bersama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar sebesar Rp 1 miliar. 

JAKARTA - Rano Karno resmi menjabat sebagai Gubernur Banten setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). Sebelumnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News