Sukhoi Paksa Turun Pesawat Asing

Sukhoi Paksa Turun Pesawat Asing
Pesawat Sukhoi. Foto: Agoes S/dok.JPNN

jpnn.com - TARAKAN – Satu pesawat asing dipaksa mendarat oleh Sukhoi, Rabu (12/8) pukul 10.00 Wita. Pesawat asing tersebut masuk ke wilayah perbatasan tanpa izin otoritas negara.

Seluruh kekuatan dari segala lini dikerahkan dalam melakukan penurunan paksa pesawat asing ini. TNI Angkatan Udara menerbangkan pesawat tempur Sukhoi SU-27 dan SU-30.

Pesawat Sukhoi sudah ready di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Tarakan sejak Minggu, 9 Agustus. Satu flight pesawat Sukhoi disiagakan di Tarakan, yang terdiri empat unit pesawat Sukhoi.

Awalnya, pesawat asing terdeteksi oleh Satuan Radar 225 Tarakan memasuki wilayah Indonesia dan dicurigai sedang melakukan pemantauan. Dengan segera Satrad 225 Tarakan langsung mengkonfirmasi kepada Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dan langsung dilakukan penindakkan kepada pesawat asing tersebut.

Satu flight pesawat Sukhoi yang sudah siaga di Lanud Tarakan langsung meluncur mendekati pesawat asing yang telah terdeteksi masuk wilayah NKRI tanpa izin tersebut.

Maksud dan tujuan pesawat Sukhoi mendekati pesawat asing tersebut untuk meminta pilot supaya pesawat yang dikemudikan diturunkan di bandara terdekat (Bandara Juwata Tarakan).

Tak ada perlawanan yang dilakukan pesawat asing saat digiring dua Sukhoi ke Bandara Juwata Tarakan. Sukhoi yang menggiring dan turut mengawasi perjalanan pesawat asing untuk mendarat di landasan pacu, satu Sukhoi berada di posisi kiri pesawat asing dan satu Sukhoi lagi berada di posisi belakang pesawat asing dengan sikap ready menembak jika pesawat asing tersebut mencoba melakukan perlawanan atau coba kabur.

Terkonsep dengan baik. Akhirnya, pesawat asing tersebut berhasil didarat paksa di Bandara Juwata Tarakan. Semua pasukan yang sudah siap dengan senjata lengkap pun telah siaga menjemput pilot dan orang yang berada di dalam pesawat. Pilot dan co-pilot pun diamankan.

TARAKAN – Satu pesawat asing dipaksa mendarat oleh Sukhoi, Rabu (12/8) pukul 10.00 Wita. Pesawat asing tersebut masuk ke wilayah perbatasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News