673 Perusahaan Asing Masuk Batam, Infrastruktur Bagaimana?

673 Perusahaan Asing Masuk Batam, Infrastruktur Bagaimana?
Presiden Jokowi berjanji akan mendatangkan sebanyak-banyaknya investor dari Singapura ke Batam. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos/ JPNN

jpnn.com - BATAM KOTA - BP Batam menggelar coffee morning dengan media di Bida Marketing BP Batam, Rabu (13/8). Dari pertemuan tersebut terungkap bahwa penanaman Modal Asing (PMA) di Batam dalam lima tahun terakhir mengalami tren positif.  

Sejak tahun 2010 lalu jumlah perusahaan yang masuk ke Batam mencapai 673 perusahaan dengan total investasi sebanyak 1,399 Miliar dolar Amerika.

"Investasi di Batam ini setiap tahun mengalami peningkatan. Dalam lima tahun terakhir nilai investasi asing di Batam lebih dari 1 miliar dolar Amerika. Semester 1 tahun 2015 saja kita naik sekitar 300 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya," kata Adi Sugiarto, Staff BKPM.

Tahun 2010 lalu perusahaan asing yang berinvestasi di Batam sebanyak 71 perusahaan dengan nilai investasi 47,023 juta dolar Amerika. Di tahun 2011 realisasi investasi asing menjadi 374,956 juta dolar Amerika dengan 100 perusahaan. Tahun 2012 lalu nilai investasi yang masuk ke Batam mencapai 374,956 juta dolar Amerika dengan jumlah perusahaan sebanyak 136 perusahaan.

Sementara di tahun 2013 lalu, nilai investasi sedikit menurun dari tahun sebelumnya, yakni hanya sekitar 285,926 juta dolar Amerika dengan jumlah perusahaan hanya 89 perusahaan. Di tahun 2014 lalu, jumlah perusahaan yang masuk juga menurun yakni hanya 83 perusahaan dengan nilai investasi 285,183 juta dolar Amerika.

"Dari tahun ke tahun, investasi yang masuk tersebut mempekerjakan ribuan tenaga kerja. Mungkin sampai puluhan ribu orang. Kalau sekarang ini jumlah perusahaan sudah ribuan di Batam sejak FTZ diberlakukan beberapa tahun lalu" kata Adi.

Kemudian di tahun 2015, dalam semester I yakni periode Januari-Juli sudah ada 158 perusahaan yang masuk ke Batam dengan nilai investasinya 331,659 juta dolar Amerika. "Tahun ini sangat luar biasa iklim investasi di Batam. Bukan malah menurun seperti yang dikhawatirkan banyak pihak," katanya.

Dari tahun ke tahun investasi yang masuk sebagian besar di bidang industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik. Kemudian industri karet, barang dari karet dan plastik.Menyusul industri kimia dasar,barang kimia dan farmasi.Industri Perdagangan dan reperasi kemudian industri pertambangan dan industri transportasi, gudang dan telekomunikasi.

BATAM KOTA - BP Batam menggelar coffee morning dengan media di Bida Marketing BP Batam, Rabu (13/8). Dari pertemuan tersebut terungkap bahwa penanaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News