JK Disebut Akan Gunakan Segala Cara Usir Rizal Ramli

JK Disebut Akan Gunakan Segala Cara Usir Rizal Ramli
Rizal Ramli. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Tjipta Lesmana menilai banyak elite pemerintahan yang gerah dengan masuknya Rizal Ramli ke dalam kabinet. Salah satunya adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla yang baru-baru ini ditantang debat terbuka oleh Rizal.

Tjipta meyakini bahwa wakil presiden yang akrab disapa JK itu akan menggunakan segala cara untuk menyingkirkan Rizal. Bahkan tidak tertutup kemungkinan JK sampai mengancam mundur demi mendesak Presiden Joko Widodo mencopot menteri kemaritiman itu.

"Saya yakin JK akan terus menekan Jokowi untuk bisa pecat Rizal. JK pasti mengancam kalau Rizal tak dipecat dia mau bercerai," kata Tjipta dalam sebuah diskusi di Cikini, Sabtu (22/8).

Kegelisahan JK itu bukan hanya disebabkan sikap Rizal yang tidak segan-segan melontarkan kritik. Tapi juga karena posisi mantan kepala Bulog itu di pemerintahan sangat strategis.

Saat ini, lanjut Tjipta, kementerian yang dipimpin Rizal juga menaungi sektor sumber daya alam. Karena itu, banyak kepentingan besar yang bakal terpengaruh oleh kehadirannya.

"Begitu pak Rizal jadi menteri minta ganti nomenklatur biar banyak bidang yang diambil alih. Inilah yang menjadi penyebab banyak pejabat enggak suka sama dia, termasuk Pak JK," tegas Tjipta.

Namun Tjipta yakin upaya apapun yang digunakan JK tidak akan berhasil menggoyang Rizal. Pasalnya, bekas menteri era Presiden Abdurrahman Wahid itu pasti bakal dibela PDI Perjuangan, partai pendukung pemerintah terbesar.

"PDIP di bawah Megawati sejalan dengan Rizal karena mendukung nawacita dan trisakti Jokowi," pungkasnya. (dil/jpnn)

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Tjipta Lesmana menilai banyak elite pemerintahan yang gerah dengan masuknya Rizal Ramli ke


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News