Pramuka Gelar Jambore Internet Ke-35 Tingkat Nasional

Pramuka Gelar Jambore Internet Ke-35 Tingkat Nasional
Pramuka Gelar Jambore Internet Ke-35 Tingkat Nasional

KWATIR Nasional Gerakan Pramuka dan Tim ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia) kembali mengadakan JOTA (Jambore On The Air) Ke 77, dan Jambore On The Internet (JOTI) Ke 35 tingkat nasional. Kegiatan itu diadakan di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta, dari Jumat-Minggu, (21-23 Agustus 2015).
 
“Indonesia dengan wilayah begitu luas tentunya sangat terbantu dengan radio dan internet, ini harus kita maksimalkan untuk meningkatkan persaudaraan dan persatuan antar generasi muda di berbagai daerah," ujar, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Kominfo Lusia Adinda Lebu Raya  dalam sembutannya mewakili di TRW, Cibubur, Jakarta (21/08). 

Dalam sambutannya itu, Lusia juga meminta semua anggota gerakan pramuka untuk saling menguatkan potensi daerah. “Mari kita saling mempromosikan pariwisata dan kegiatan positif di tiap daerah dengan radio dan internet”, Ajaknya.
 
Setelah pembukaan, acara selanjutnya adalah seminar bertajuk “Morse Dengan Gagget” yang diisi oleh Onno W Purbo (Pakar Teknologi Informasi). 

Nama besar dan rekam proses Onno W Purbo menjadikan peserta sangat antusias mengikuti sesi ini. Onno langsung mengajak peserta praktek menggunakan morse menggunakan Gadget dan komputer. 

“Kita akan dapat hal baru setelah praktek, adek-adek Pramuka jangan sungkan bertanya,” ujar penulis banyak buku tentang IT dan pendiri Computer Network Research Group ini. 

Onno W Purbo juga menyarakankan agar Kwarnas Gerakan Pramuka mengadakan IT Camp atau semacam Jambore Dunia khusus IT dengan mengundang negara-negara lain. “Jika dipersiapkan dengan serius, kita pasti mampu,” tegas Onno W Purbo.
 
Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan, Rizky Dwi Ananda menjelaskan kegiatan ini diikuti 400 anggota Pramuka Penggalang, Penegak , Pandega dan Pembina se wilayah Jabodetabek,  

“Jumlah itu belum termasuk yang di daerah, JOTA perdana hari ini dilakukan dengan anggota Pramuka di Sulawesi Utara dan JOTI dengan anggota Pramuka di Sumatera Selatan, kita semua terkoneksi,” jelas Rizky yang juga aktif di Dewan Kerja Nasional (DKN) ini.
 
Selanjutnya pada hari kedua akan diadakan fox hunting, komunikasi radio amatir, simulasi kegiatan menggunakan HT, chatting, video call, call discuss via teamspeak, seminar membangun komunikasi dalam keadalaan darurat, dan seminar media sosial yang akan diisi oleh Hariqo Wibawa Satria dari Kwarnas Gerakan Pramuka dan Tim Siber Pramuka. (mas/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Bansos Sumut Pecahkan Rekor

KWATIR Nasional Gerakan Pramuka dan Tim ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia) kembali mengadakan JOTA (Jambore On The Air) Ke 77, dan Jambore


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News