AWAS! Jauhi Unta Muda

AWAS! Jauhi Unta Muda
Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Hingga Sabtu (22/8), ada tambahan 15 kasus baru MERS CoV dan 3 orang meninggal dunia. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kabalitbang Kemenkes), Tjandra Yoga Aditama menyebutkan, dalam kasus terbaru terdapat petugas kesehatan yang sakit (expatriat) dan warga Saudi yang berusia 109 tahun.?

“Jadi jumlah total kasus MERS CoV di Arab Saudi meningkat lagi hari ini menjadi 1134 (?sebelumnya 1115)? dan jumlah kematian total menjadi 486 (sebelumnya dari 480),” ungkapnya.

Ia menegaskan, beberapa hal yang harus diperhatikan, khususnya jamaah haji adalah menjaga atau tidak kontak dengan binatang unta. Pertama pada tahun ini, menurutnya direncanakan melarang pemotongan hewan unta sebagai kurban. Pasalnya data dari pemerintahan Arab Saudi menunjukkan lebih dari 50 persen unta di Arab Saudi mengandung virus MERS CoV.

“Unta (utamanya yang muda) dapat menularkan virus MERS CoV sampai jarak 1 meter, jadi mohon jamaah Haji kita jangan dekat-dekat dengan unta,” jelasnya.

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada jemaah yang belum berangkat ke tanah suci, sebaiknya kembali memeriksakan kesehatan mereka secara rinci ke dokter. Hal itu bertujuan untuk dapat mendeteksi kemungkinan adanya penyakit.

Dengan demikian, menurutnya masih ada waktu untuk mengatasinya. Dari data pasien MERS CoV menunjukkan sekitar 60 hingga 70 persen adalah mereka yang sudah memiliki penyakit penyerta sebelumnya atau disebut ko-morbid.

“Jamaah dengan penyakit penyerta seperti gangguan paru kronik, jantung kronik, ginjal kronik, diabetes mellitus, hipertensi, maka perlu ekstra hati-hati dan dengan lebih seksama mempersiapkan pencegahan dan penanganan penyakit seperti membawa persediaan obat yang dibutuhkan selama di Tanah Suci,” ungkapnya.

Masih ujar Tjandra Yoga Aditama, alangkah baiknya calon jamaah bisa meminta surat keterangan kesehatan kepada dokter. Supaya ketika berada bersama rombongan kloter, dokter kloter bisa mengetahui riwayat kesehatan.

JAKARTA - Hingga Sabtu (22/8), ada tambahan 15 kasus baru MERS CoV dan 3 orang meninggal dunia. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News