Nonton Film Dokumenter, Rektor Unpatti Merinding

Nonton Film Dokumenter, Rektor Unpatti Merinding
Nonton Film Dokumenter, Rektor Unpatti Merinding

jpnn.com - JAKARTA - Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Thomas Pentury sangat terkesan dengan film bertajuk Kabaressi. Dia menyaksikannya bersama 1.500 orang di Auditorium Unpatti, Ambon, Senin (24/8).

"Secara pribadi, saya merinding menyaksikan film Kabaressi karena menyajikan perjuangan orang asing untuk mencari rempah dan sumber daya alam yang melimpah di Maluku. Tapi dalam perkembangannya kondisi Maluku sangat memprihatinkan, termasuk sektor pendidikan," kata Thomas.

Menurut Pentury, kegiatan itu patut ditiru dan diteladani. Pasalnya, film tersebut secara objektif berusaha mengangkat tentang sisi Maluku bagi anak muda.

Di sisi lain, Archipelago Solidarity Foundation (Arso) selaku inisiator juga punya visi penting terkait pemutaran film tersebut. pendiri Arso Oek Engelina Pattiasina mengatakan, Maluku yang merupakan wilayah penting di dunia pada masa silam bukan sekadar isapan jempol.

"Bahkan VOC yang terkenal karena perdagangannya, dibentuk untuk mengontrol perdagangan rempah yang bersumber dari tanah Maluku, di samping iklan pertama di Indonesia yang kala itu bernama Hindia Belanda, dibuat oleh JP Coen, yang juga berisi tentang rempah-rempah Maluku," tegas Engelina. (fas/jpnn)


JAKARTA - Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Thomas Pentury sangat terkesan dengan film bertajuk Kabaressi. Dia menyaksikannya bersama 1.500


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News