Diet MIND Ternyata Bisa Memperlambat Penurunan Kognitif pada Lansia

Diet MIND Ternyata Bisa Memperlambat Penurunan Kognitif pada Lansia
iStock

jpnn.com - DIET kaya sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah, biji-bijian dan anggur bisa membantu memperlambat penuaan otak normal dan penurunan kognitif.

Penurunan kognitif adalah bagian normal dari penuaan tetapi sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Rush University Medical Center di Chicago menemukan bahwa orang tua yang mengikuti diet MIND (Mediterranean-DASH Diet Intervention) ternyata 7,5 tahun lebih muda secara kognitif daripada mereka yang tidak mengikuti diet ini.

"Temuan studi menunjukkan bahwa diet MIND secata substansial memperlambat penurunan kognitif," kata ahli epidemiologi nutrisi, Martha Clare Morris, seperti dilansir laman Fox News, Senin (24/8).

Dalam penelitian sebelumnya, para peneliti menunjukkan bahwa diet yang dikembangkan di Rush University Medical Center bisa mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

Diet MIND adalah hibrida dari diet Mediterania yang kaya minyak zaitun dan sayuran yang dirancang untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Diet MIND terdiri dari 15 komponen makanan dan merekomendasikan setidaknya tiga porsi biji-bijian, salad dan sayuran lain setiap hari dan segelas anggur. Kacang-kacangan dan unggas harus dimakan setidaknya dua kali seminggu dan ikan seminggu sekali.

Pengikut diet membatasi jumlah lima kelompok makanan yang tidak sehat seperti daging merah, margarin, keju, kue, permen dan gorengan atau makanan cepat saji.(fny/jpnn)


DIET kaya sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah, biji-bijian dan anggur bisa membantu memperlambat penuaan otak normal dan penurunan kognitif.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News