Serang dari Seluruh Penjuru, Taliban Kuasai Daerah Penting di Helmand

Serang dari Seluruh Penjuru, Taliban Kuasai Daerah Penting di Helmand
Tempat pertempuran paling sengit antara milisi taliban dengan pasukan Barat adalah terjadi di Musa Qala. Foto: AFP

jpnn.com - HELMAND - Taliban berhasil menguasai salah satu daerah penting di provinsi Helmand, Afghanistan meskipun Amerika Serikat terus menggempur daerah itu dari udara.

Seperti dilansir dari BBC, Rabu (26/8), Musa Qala, adalah kota kedua di Helmand utara yang menjadi wilayah Taliban dalam beberapa minggu terakhir.
Sebelumnya, kota tersebut merupakan daerah penting NATO.

Selain Musa Qala, kelompok ini juga ternyata menguasai Nawzad setelah meningkatkan serangan di daerah itu. Dilaporkan, tempat pertempuran paling sengit antara milisi taliban dengan pasukan Barat adalah terjadi di Musa Qala. 

Pertempuran itu sudah berlangsung sejak invasi pimpinan Amerika terhadap Afghanistan pada tahun 2001.

Tiga serangan udara yang dilancarkan AS pada hari Sabtu (22/8) di sekitar Musa Qala menewaskan sampai 40 milisi Taliban. Namun, militan menghimpun kekuatan baru untuk memukul mundur pasukan darat Afghanistan.

Gubernur Helmand, Mohamad Sharif, pada saat Taliban menyerang daerah itu, ia melarikan diri pada Rabu dini hari. "Taliban menyerang dari semua arah, kami meninggalkan daerah itu dini hari," ujarnya.

Dua tentara NATO dilaporkan tewas ketika dua pria berseragam militer Afghanistan menembaki kendaraan pada sebuah markas militer.(BBC/ray/jpnn)

 


HELMAND - Taliban berhasil menguasai salah satu daerah penting di provinsi Helmand, Afghanistan meskipun Amerika Serikat terus menggempur daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News