DPR Minta Jemaah Haji Lansia Dapatkan Prioritas Ekstra

DPR Minta Jemaah Haji Lansia Dapatkan Prioritas Ekstra
jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Panja Haji Komisi II DPR, Choirul Muna meminta perlakuan ekstra untuk para jemaah haji yang sudah lanjut usia.

“Apalagi jika ternyata pendampingnya tidak mereka kenal. Karena mereka kan berangkat dari masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang berbeda-beda. Hal ini bisa juga menjadi problem dalam penyelengaraan haji,” kata Choirul, Kamis (27/8).

Dia menambahkan, jemaah lansia tersebut akan semakin nyaman jika mendapatkan pendamping yang dikenal. Hal itu juga untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan di tanah suci.

“Jangan sampai di sana mereka kebingungan, seperti anak ayam kehilangan induknya,” ungkap pimpinan Pesantren Mambaul Hisan, Magelang ini.

Choirul mengaku sudah menyampaikan usulan agar Kementerian Agama mengeluarkan peraturan sebagai payung hukum pelaksanaan hal tersebut. Namun, dia sadar prosesnya tidak mudah.

Dia mengatakan, pembahasan pasal-pasal RUU Pengelolaan Haji dan Umrah di masa mendatang harus  lebih memperhatikan persoalan terkait jemaah yang sudah uzur. (fat/jpnn)

 

 

JAKARTA - Panja Haji Komisi II DPR, Choirul Muna meminta perlakuan ekstra untuk para jemaah haji yang sudah lanjut usia. “Apalagi jika ternyata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News