Mimamori Fitur Canggih Isuzu Si Pemberi Informasi Lengkap dan Detil

Mimamori Fitur Canggih Isuzu Si Pemberi Informasi Lengkap dan Detil
Mimamori Fitur Canggih Isuzu Si Pemberi Informasi Lengkap dan Detil

JAKARTA - Pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, PT Astra Isuzu Motor Indonesia (AIMI) kembali menampilkan teknologi "Fleet Management System" yang diberi nama Mimamori. Teknologi ini dirancang untuk kendaraan niaga atau pebisnis yang memungkinkan perusahaan bisa beroperasi secara efisien. 
 
Mimamori adalah sebuah sistem kontrol kenderaan angkut yang dikhususkan untuk kendaraan Isuzu ini memiliki berbagai macam fitur canggih, lebih lengkap dan lebih detil, karena pengoperasian terhubung pada ECM (Engine Control Moduls) pada mesin diesel, sehingga dengan teknologi itu bisa menekan biaya distribusi. 

Alat ini juga akan memberikan informasi yang akurat dan komprehensif mulai dari keadaan kendaraan sampai dengan perilaku pengemudi dalam berkendara.
 
"Dengan teknologi seperti ini biaya distribusi dapat ditekan, teknologi ini mirip dengan fitur kotak hitam pada pesawat udara. Mimamori adalah sistem yang bisa menyimpan semua data saat mobil berjalan," kata Dept Head Marketing Communication PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Maman Fathurrohman, dalam siaran persnya, Kamis (27/8).
 
Maman menjelaskan, ada 4 (empat) fungsi Mimamori yaitu Keselamatan, ekonomis, efisiensi serta keamanan. Terlebih bagi perusahaan angkutan maupun ekspedisi, penggunaan Mimamori sangat membantu. Kerjasama antara driver dan operator perusahaan akan berjalan dengan baik. "Mimamori akan memberikan informasi lebih akurat," katanya.
 
Alat berbasis GSM itu  saat diaktifkan, maka alat tersebut  akan memberikan informasi lebih akurat dan komfrehensif mulai dari kondisi kenderaan sampai dengan perilaku pengemudi dalam mengendarai mobil melalui tulisan/gambar pada display yang mirip head unit ini, sehingga sisitem ini bisa sebagai penegndali bagi para pebisnis dalam mengontrol pengendaranya.
 
Yang membedakan MImamori dengan GPS, ialah data yang dihasilkan mengenai kenderaan lebih detail atau lebih rinci, teknologi ini bukan saja memberikan informasi kendaraan secara real time, sistem ini juga bisa memberikan laporan apakah pengemudi itu mengendarai kendaraan dengan benar.
 
Selain itu, dengan kontrol yang baik menggunakan sitem Mimamori, kendaraan juga lebih hemat dahan bakar minyaK (BBM), mesin tidak mudah rusak, bisa mengurangi biaya maintinance dan juga belanja suku cadang lebih hemat serta keamanan kendaraan pun terjaga.
 
Sistem ini pun berfungsi untuk safety pada saat pengemudi sedang mengenderai kendaraan diluar batas kecepatan maksimal atau terlalu kencang. Bisa melakukan rem mendadak ataupun akselerasi mendadak, maka alat ini akan memberikan peringatan dengan mengeluarkan suara agar pengemudi harus mengurangi kecepatanya. Begitu juga ketika melakukan pengereman mendadak alat akan berteriak sebagai tanda pengemudi telah melakukan pengereman mendadak.
 
Cara kerjanya pun lebih praktis. Saat driver akan mengemudi, Mimamori mulai diaktifkan. Mimamori akan menginformasikan melalui tulisan/gambar pada display yang mirip head unit ini, bagaimana perilaku mengemudi si driver. Ketika driver mengemudi secara perlahan, tampil gambar daun pada display. Semakin banyak daun, berarti driver telah mengemudi dengan hemat BBM.
 
"Mimamori mampu memberikan informasi jika kendaraan Isuzu tersebut mengalami kecelakaan atau kerusakan. Sistem Mimamori  segera memberikan informasi kepada pemilik untuk melakukan servis atau perawatan secara berkala," ujarnya.
 
Alat ini sudah diaplikasikan pada kendaraan Isuzu mesin common rail yang sudah dilengkapi dengan sistem ECU (Electronic Control Management) dan dapat dipasang pada Isuzu GIGA.(ray/jpnn)


JAKARTA - Pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, PT Astra Isuzu Motor Indonesia (AIMI) kembali menampilkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News