Pengecekan Visa Secara Acak Bagi Warga Melbourne Dibatalkan

Pengecekan Visa Secara Acak Bagi Warga Melbourne Dibatalkan
Pengecekan Visa Secara Acak Bagi Warga Melbourne Dibatalkan

Satuan Perbatasan Australia (Border Force) berencana melaksanakan patroli di jalan-jalan di pusat Kota Melbourne Jumat (28/8/2015) malam dengan tujuan mencari para pelanggar visa. Namun operasi itu akhirnya dibatalkan setelah mendapat protes luas.

Komandan Australian Border Force (ABF) untuk wilayah Victoria dan Tasmania, Don Smith dalam pernyataannya hari Jumat (28/8/2015) menjelaskan petugas ABF akan ditempatkan di sejumlah titik dan "akan memeriksa setiap orang yang ditemui".

"Jika anda melakukan pelanggaran visa, anda harus tahu bahwa hanya masalah waktu sebelum anda tertangkap," demikian dikatakan dalam pernyataan itu.

Pengecekan Visa Secara Acak Bagi Warga Melbourne Dibatalkan
Aksi demo menentang rencana pemeriksaan visa warga Melbourne, Jumat (28/8/2015)

 

Dikatakan, Jumat malam dan Sabtu malam ABF akan bersama-sama dengan petugas pengelola kereta api, tram, kantor Sheriff, serta Kepolisian Victoria akan menjalankan operasi bersandi Operation Fortitude.

"Dengan fokus kepada warga yang berada di sekita pusat kota, kami bersama petugas berbagai lembaga ini akan memastikan kepentingan warga, dengan target mulai dari yang berperilaku anti sosial hingga pelanggaran lainnya," katanya.

Menanggapi pengumuman ABF itu, juru bicara Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan menjelaskan, "ABF tidak akan menghentikan orang di jalan-jalan secara acak... dan ABF tidak akan menarget orang berdasarkan ras, agama atau etnisnya".

Satuan Perbatasan Australia (Border Force) berencana melaksanakan patroli di jalan-jalan di pusat Kota Melbourne Jumat (28/8/2015) malam dengan tujuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News