Untuk Selesaikan RUU, Ketua DPR Minta Ini Ke Pemerintah

Untuk Selesaikan RUU, Ketua DPR Minta Ini Ke Pemerintah
JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Peran pemerintah yang masih dominan untuk proses pembuatan undang-undang (UU) dalam banyak kasus berpengaruh terhadap target DPR. Salah satunya ialah saat menyelesaikan rancangan undang-undang (RUU) menjadi UU.

"Oleh konstitusi, pemerintah diberi peran yang masih dominan dalam proses membuat UU. Ini juga sangat berpengaruh terhadap pencapaian target DPR dalam menyelesaikan tugas-tugas legislasinya," kata Ketua DPR Setya Novanto, Jumat (28/8).

Selain itu, sambung Setya, tantangan dan hambatan juga datang dari internal DPR sendiri. Hal itu dipicu fungsi DPR di bidang pengawasan dan fungsi anggaran.

"Anggota DPR masih terpecah perhatiannya untuk menyelesaikan permasalahan baik di tingkat internal maupun dalam penanganan fungsi DPR yang lainnya seperti pengawasan dan anggaran," ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini.

Meski demikian, DPR akan tetap menjalankan komitmennya untuk memproses seluruh RUU yang sudah masuk dan ditetapkan dalam program legislasi nasional (Prolegnas).

"Karena penyelesaian pembahasan RUU tidak semata-mata menjadi tanggung jawab DPR saja atau pemerintah saja, maka harus ada komitmen dari pemerintah dan DPR," tegas Setya. (fas/jpnn)

 

 


JAKARTA - Peran pemerintah yang masih dominan untuk proses pembuatan undang-undang (UU) dalam banyak kasus berpengaruh terhadap target DPR. Salah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News